Rauhanda Riyantama
Argentina U-20 ketika tampil di Turnamen Toulon 2022. (Twitter/@TournoiMRevello)

Bolatimes.com - Berikut daftar peserta Piala Dunia U-20 2023 pasca Argentina resmi ditunjuk FIFA menggantikan Indonesia sebagai tuan rumah penyelenggaraan.

Belum lama ini, FIFA resmi menunjuk Argentina sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 yang sebelumnya bakal digelar di Indonesia.

Sebelumnya, Indonesia telah ditunjuk sebagai tuan rumah terhitung sejak 2019 lalu. Rencananya, Piala Dunia U-20 akan digelar pada 2021.

Baca Juga:
Isu Pelatih Thailand Merapat ke Timnas Indonesia, Media Malaysia Ikut Beri Respons

Namun akibat pandemi Covid-19, perhelatannya diundur ke tahun 2023, di mana Indonesia masih menjadi tuan rumah penyelenggaraan.

Kurang dari dua bulan penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2023, Indonesia diterpa kabar buruk dengan dicabutnya status sebagai tuan rumah.

FIFA selaku penyelenggara ajang ini menyebutkan alasan pencabutan Indonesia sebagai tuan rumah dikarenakan kondisi terkini di Tanah Air.

Baca Juga:
Diogo Jota Semringah Akhirnya Buka Puasa Gol setelah Satu Tahun

Banyak yang meyakini bahwa alasan itu berkaitan erat dengan penolakan terhadap Timnas Israel U-20 yang merupakan kontestan Piala Dunia U-20 2023.

Usai status Indonesia dicabut, FIFA pun kemudian menunjuk Argentina sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 yang tetap digelar pada Mei hingga Juni mendatang.

Penunjukkan Argentina itu otomatis membuat Indonesia yang tadinya berhak tampil di ajang itu, harus rela tiketnya direbut tuan rumah pengganti, yakni Argentina.

Baca Juga:
Memang Layak, 3 Alasan Persija Jakarta Bakal Sukses di Piala AFC Musim Depan

Argentina sendiri awalnya tak lolos karena gagal di Copa America U-20. Tapi, peralihan status tuan rumah ini membuat negara itu berhak tampil di Piala Dunia U-20 2023.

Hal ini pun otomatis membuat wakil Asia di ajang ini yang sebelumnya diisi lima negara, berubah menjadi empat negara saja.

Sedangkan bagi Amerika Selatan atau CONMEBOL, kuotanya pun bertambah dari semua empat negara menjadi lima negara karena Argentina turut berpartisipasi.

Baca Juga:
Perbandingan Hadiah Juara yang Diraih di Indonesia, Jawara Liga 1 Kalah Jauh dari Piala Presiden

Berikut daftar peserta Piala Dunia U-20 2023 usai Argentina menggantikan Indonesia sebagai tuan rumah sesuai zona masing-masing.

Zona Asia (AFC):

- Irak
- Uzbekistan
- Jepang
- Korea Selatan

Zona Eropa (UEFA):

- Inggris
- Prancis
- Israel
- Italia
- Slovakia

Zona Amerika Selatan (CONMEBOL):

- Brasil
- Argentina (tuan rumah)
- Kolombia
- Ekuador
- Uruguay

Zona Amerika Utara, Tengah, dan Kepulauan Karibia (CONCACAF):

- Republik Dominika
- Amerika Serikat
- Honduras
- Guatemala

Zona Afrika (CAF):

- Gambia
- Nigeria
- Senegal
- Tunisia

Zona Oseania (OFC):

- Selandia Baru
- Fiji

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More