Rauhanda Riyantama
Pemain muda Persib Bandung, Robi Darwis. (Dok. Persib)

Bolatimes.com - Nasib kurang beruntung dialami Persib Bandung di akhir musim Liga 1 2022-2023, mengamankan 62 poin berakhir di peringkat ketiga klasemen.

Meski kurang beruntung, Persib Bandung dinilai sukses mencatat prestasi yang lumayan mengingat awal musim yang buruk bersama Robert Rene Alberts.

Pergantian tongkat estafet kepelatihan ke Luis Milla membuat Persib Bandung bangkit, dengan mencatatkan kemenangan demi kemenangan.

Baca Juga:
Jim Croque Semakin Bersinar usai Batal Dinaturalisasi untuk Bela Timnas Indonesia

Racikan permainan dan formasi pelatih asal Spanyol itu terbukti moncer mengangkat performa Persib, Milla bahkan hanya butuh satu pemain baru.

Rezadli Hehanusa yang didatangkan dari Persija Jakarta di paruh musim Liga 1 2022-2023, mengisi skuad Maung Bandung yang juga banyak diperkuat pemain muda.

Setidaknya ada 3 pemain muda Persib Bandung dengan penampilan menonjol dan mampu mengangkat performa klub berjuluk Maung Bandung itu.

Baca Juga:
Tak Disangka, 2 Mantan Pemain Manchester United Ini Pernah Berkarier di Liga Indonesia

Lantas siapa saja para pemain muda yang dimaksud? berikut ini di antaranya.

1. Robi Darwis

Pemain berposisi gelandang kelahiran Cianjur, 2 Agustus 2003 mampu mendapat kepercayaan Luis Milla sebagai pilar utama di skuad Persib musim ini.

Baca Juga:
Siap Tempur, Des Walker Sebut Garuda Select Hadapi Arsenal dengan Rasa Hormat

Robi kerap dipercaya sebagai starter di Liga 1 2022, performa pemilik nomor punggung 6 Maung Bandung ini bahkan terus mengalami peningkatan.

Karena itu juga Robi mendapat panggilan untuk memperkuat timnas Indonesia di persiapan untuk Piala Dunia U-20 2023.

Selama musim 2022-2023, Robi sukses mencatat 17 penampilan dengan torehan satu gol dan satu assist.

Baca Juga:
Media Vietnam Bikin Rumor, PSSI Disebut Lirik Pelatih yang Bawa Thailand Juara Piala AFF 2 Kali

Satu gol itu tercipta saat Persib mengalahkan Dewa United pada pekan ke-31, kemudian assist tercipta saat Maung Bandung dipecundangi Borneo FC 1-4.

Penampilan apik Robi Darwis membuat dirinya selalu jadi andalan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-20.

2. Kakang Rudianto

Kakang Rudianto merupakan pemain spesial, sosok yang bisa mengisi beberapa posisi di skuad Persib Bandung asuhan Luis Milla.

Pemain kelahiran 2 Februari 2003 ini berposisi sebagai bek tengah, namun sosoknya juga mumpuni saat ditempatkan di bek sayap kanan.

Kakang mulai mendapatkan kepercayaan lebih dari Milla di beberapa laga terakhir Liga 1 2022, sosoknya juga merupakan pemain langganan timnas Indonesia.

Peran Kakang di musim ini yang cukup krusial membuatnya dipercaya bakal kembali jadi andalan di Liga 1 musim depan.

3. Arsan Makarin

Namanya bisa jadi cukup asing bagi penikmat sepak bola Tanah Air, mengingat jam terbangnya bersama Persib Bandung belum banyak.

Meski begitu, pemiliki nomor punggung 70 Persib ini terlihat potensial saat menempati posisi sayap dan dinilai hanya butuh jam terbang saja.

Di musim ini, Arsan hanya mengoleksi 172 menit dengan rincian beberapa pertandingan, dimulai saat melawan Bhayangkara FC yang berakhir imbang 2-2.

Saat itu Arsan hanya bermain selama 9 menit, berlanjut di pekan ke-10 melawan Barito Putera dengan kemenangan 5-2 ia bermain selama 16 menit.

Setelah itu pada pekan ke-16 melawan Persita, dalam kemenangan 1-0 Persib itu Arsan bermain selama 55 menit.

Berlanjut saat imbang 1-1 melawan Persikabo 1973 pada pekan ke-17 dengan 57 menit bermain, terakhir 33 menit ditorehkan Arsan saat Persib Kalah dari Persik Kediri di pekan ke-29.

Kualitasnya terbukti saat Arsan beberapa kali mendapatkan panggilan memperkuat timnas Indonesia.

Kontributor: Eko
Load More