Rauhanda Riyantama
Eric Djemba-Djemba (kanan) saat bermain di Manchester United. (AFP)

Bolatimes.com - Sederet pemain Manchester United pernah merasakan karier di Liga Indonesia, beberapa di antaranya bahkan bermain untuk klub langganan juara.

Kompetisi sepak bola Tanah Air memang sangat menarik perhatian pemain asing, tak terkecuali mereka yang pernah bermain di Liga Inggris.

Michael Essien dan Peter Odemwingie termasuk beberapa pemain yang pernah merasakan ketatnya persaingan di Liga Indonesia.

Baca Juga:
Siap Tempur, Des Walker Sebut Garuda Select Hadapi Arsenal dengan Rasa Hormat

Selain itu dua nama besar eks Manchester United juga pernah merasakan bermain melawan sederet talenta lokal Tanah Air.

Dua sosok yang dimaksud adalah Eric Djemba-Djemba dan Amancio Fortes.

Eric Djemba-Djemba saat bermain di Persebaya Surabaya. (Twitter/@Football__Tweet)

Nama Djemba-Djemba sempat menggegerkan daratan Inggris setelah Man United merekrutnya pada 2003, bersamaan dengan Cristiano Ronaldo.

Baca Juga:
Media Vietnam Bikin Rumor, PSSI Disebut Lirik Pelatih yang Bawa Thailand Juara Piala AFF 2 Kali

Sayangnya karier pemain kelahiran 4 Mei 1981 tak secemerlang teman satu kamarnya, pemilik tinggi badan 177 cm itu hanya bertahan hingga 2005.

Di saat karier Cristiano Ronaldo melejit bak roket, Djemba-Djemba justru dipaksa menelan pil pahit setelah mengalami kegagalan.

Sempat bergonta-ganti klub di Liga Inggris, hingga sederet klub di Liga Eropa, karier nomaden Djemba-Djemba sampai ke Indonesia.

Baca Juga:
3 Pelatih Terbaik di BRI Liga 1 2022-2022, Salah Satunya Antar PSM Makassar Juara

Pada 2015, Djemba-Djemba kembali membuat kejutan kali ini untuk penggemar sepak bola Indonesia usai bergabung dengan Persebaya Surabaya.

Persebaya Surabaya saat itu bernama Surabaya United dan Bhayangkara Surabaya United, bermain sela satu musim hingga Februari 2016 sebelum hijrah ke Prancis.

Amancio Fortes (tengah) saat bermain di Semarang United. (Twitter/@RawonStats)

Kemudian pemain Man United lainnya yang pernah berkarier di Liga Indonesia adalah Amancio Fortes bersama Semarang United pada 2011.

Baca Juga:
Indra Sjafri Belum Tentukan Kerangka Tim Timnas Indonesia U-22 untuk SEA Games 2023, Ini Alasannya

Bernama lengkap Amancio Jose Pinto Fortes, merupakan pemain asal Angola yang lahir pada 18 April 1990 memiliki tinggi mencapai 170 cm.

Kariernya di Man United memang tak mentereng karena mentok di kelompok umur U-18 pada 2006, namun hal itu menjadi kebangaan tersendiri untuknya.

Bersama Semarang United, Amancio hanya bertahan enam bulan sebelum mencoba peruntungan kembali ke Eropa dan sejak itu kariernya bersifat nomaden.

Kontributor: Eko
Load More