Rauhanda Riyantama
Momen umpan punggung Hokky Caraka untuk gol Beckham Putra yang mirip Ronaldinho. (Instagram/pssi)

Bolatimes.com - Melihat momen umpan berkelang Hokky Caraka yang menggunakan punggungnya untuk mengarsiteki gol Beckham Putra di laga uji coba Timnas Indonesia U-22 vs Lebanon.

Jelang terbang ke Kamboja untuk berpartisipasi di SEA Games 2023, Timnas Indonesia U-22 melakukan serangkaian uji coba internasional.

Uji coba yang dilakoni itu yakni melawan Lebanon U-22 sebanyak dua kali, yakni pada Jumat (14/4) dan Minggu (16/4) di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK)

Baca Juga:
Kalah Saing oleh Wiljan Pluim Sebagai Pemain Terbaik BRI Liga 1, Marc Klok Beri Respons Tak Terduga

Di pertemuan pertama pada Jumat (14/4), tim besutan Indra Sjafri itu harus menelan kekalahan dari Lebanon dengan skor tipis 1-2.

Lalu di pertemuan kedua pada Minggu (16/4), Timnas Indonesia U-22 mampu membalas kekalahan di pertemuan pertama dengan kemenangan 1-0 atas Lebanon.

Adapun kemenangan 1-0 Timnas Indonesia U-22 atas Lebanon ini didapat berkat gol cepat Beckham Putra di menit ke-5.

Baca Juga:
Heboh Poster Rachmat Irianto Akan Lakukan Sidang Skripsi, Netizen Senggol Hokky Caraka

Beckham Putra cetak gol untuk timnas Indonesia U-22. (Instagram/PSSI)

Gol tersebut pun tak lepas dari peran seorang Hokky Caraka yang mampu mengarsiteki gol penentu kemenangan yang dicetak pemain muda Persib Bandung itu.

Tak tanggung-tanggung, penyerang Timnas Indonesia U-20 itu mencetak assist dengan punggungnya, sehingga Beckham Putra bisa mencetak gol.

Gol itu sendiri bermula dari Long Pass atau umpan lambung yang dilepaskan Rizky Ridho ke arah Hokky Caraka yang berlari ke sisi kiri pertahanan Lebanon.

Baca Juga:
Timnas Indonesia U-22 Batal Adu Kekuatan Lawan PSM Makassar, Ini Gantinya

Namun, Hokky Caraka berlari terlalu cepat, sehingga bola lambung itu mengenai punggungnya dan kemudian terpental ke arah Beckham Putra yang ada di belakangnya.

Dengan mudah, Beckham Putra melepaskan sontekan mendatar ke gawang yang kosong, menyusul kiper Lebanon yang telah keluar dari sarangnya untuk menghalau bola yang diarahkan ke Hokky Caraka.

Jika dilihat, umpan Hokky Caraka dengan punggungnya itu sekilas seperti sebuah hal yang tidak dilakukan secara sengaja oleh penyerang PSS Sleman itu.

Baca Juga:
7 Pemain Belum Gabung ke TC Timnas Indonesia U-22, Ada Andalan Shin Tae-yong

Tapi, assist atau umpan dengan punggungnya itu menjadi fenomena menarik, mengingat banyak pemain top dunia yang pernah melakukannya.

Salah satunya adalah Ronaldinho, yang pernah memberikan assist dengan umpan punggungnya untuk gol yang dicetak Ludovic Giuly kala masih berseragam Barcelona.

Selain Ronaldinho, ada pula Eden Hazard yang pernah memberikan operan terobosan dengan punggungnya, sehingga rekan-rekannya bisa melakukan serangan dengan mudah kala Chelsea menghadapi West Ham United.

Meski Hokky Caraka terlihat tak sengaja melakukan umpan dengan punggungnya, apa yang dilakukannya untuk mengkreasikan gol Beckham Putra pun patut diacungi jempol.

Karena sulit untuk memberikan umpan dengan bola ketimbang dengan kaki dan kepala. Apalagi, teknik itu merupakan teknik yang biasa diperagakan pemain-pemain top dunia.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More