Rauhanda Riyantama
Kiper Persib Bandung, I Made Wirawan (Sumber: persib.co.id)

Bolatimes.com - Mengenal lebih jauh sosok I Made Wirawan, kiper gaek Persib Bandung yang baru saja memutuskan pensiun dari dunia sepak bola.

Persib Bandung melakoni pekan terakhir Liga 1 2022-2023 dengan menghadapi Persikabo 1973 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Sabtu (15/4).

Dalam duel itu, Persib harus menutup kampanyenya musim ini dengan kesedihan, usai dibekuk tim tamu dengan skor telak yakni 1-4.

Baca Juga:
Belum Dilepas ke Timnas Indonesia U-22, Pratama Arhan Absen di Laga Terbaru Tokyo Verdy

Tim berjuluk Maung Bandung itu terlebih dulu tertinggal lewat gol Lucas Gama Moreira di menit ke-41, Lucky Oktavianto di menit ke-60, dan Silvio Junior di menit ke-62.

David da Silva pun kemudian mampu memperkecil Persib atas tim berjuluk Laskar Padjadjaran itu lewat sontekannya di menit ke-71.

Namun di sisa waktu yang ada, Persib makin tertinggal usai Persikabo 1973 mampu menambah golnya lewat Pedro Henrique di menit ke-83.

Baca Juga:
Bagus Kahfi Pamer Momen Bareng Trio KMSK Deinze, Menyusul ke Liga Belgia?

Usai mendapat hasil yang menyedihkan itu, Persib harus kembali bersedih di akhir laga. Sebab, kiper gaeknya sekaligus legendanya, I Made Wirawan, memutuskan pensiun.

Kiper berusia 41 tahun ini memutuskan pensiun usai berkarier selama 21 tahun di dunia sepak bola dan mengakhiri kariernya di Persib yang telah ia bela sejak 2012.

Karena memutuskan pensiun, namanya pun kemudian dielu-elukan pendukung Persib. Berikut Bolatimes.com sajikan profil dari I Made Wirawan.

Baca Juga:
Thailand Pincang, Bek yang Pernah Bikin 3 Pemain Timnas Indonesia Dikartu Merah akan Absen di SEA Games 2023

Pahlawan Persib Bandung

I Made Wirawan merupakan kiper yang berasal dari Bali. Ia lahir pada 1 Desember 1981 atau 41 tahun silam di Gianyar, Pulau Dewata.

Pria yang akrab disapa Bli Made itu mengawali kiprahnya di tim lokal tanah kelahirannya, yakni Perseden Denpasar pada 2002.

Baca Juga:
PSM Makassar Resmi Jadi Lawan Terakhir Timnas Indonesia di Laga Uji Coba

Ia tampil bagi tim berjuluk Laskar Catur Murka itu selama tiga musim. Setelahnya ia bergabung tim Bali lainnya, Persekaba Kabupaten Bali.

Di Persekaba, Made Wirawan bermain hingga tahun 2006. Ia pun kemudian memutuskan keluar dari Bali dan bergabung Persiba Balikpapan yang tampil di Indonesia Super League (ISL).

Di tim berjuluk Beruang Madu itu, Made Wirawan bertahan dalam rentang waktu yang lama dan jadi andalan dengan mengenyam 139 penampilan.

Kiprah apiknya itu kemudian membuat Persib Bandung yang dilatih Djadjang Nurdjaman merekrutnya pada 2012 dengan status bebas transfer.

Tanpa butuh waktu lama, kehadiran Made Wirawan memberikan dampak berupa gelar. Gelar pertama yang diberikannya adalah Piala Celebes II pada 2012.

Lalu Made Wirawan mampu membawa Persib menjuarai ISL 2014 dan mengakhiri puasa gelar timnya yang telah berlangsung selama dua dekade.

Made Wirawan yang jadi andalan, mampu menjadi pahlawan berkat kemampuannya menepis penalti, di mana ia mampu menggagalkan penalti Nelson Alom dari Persipura Jayapura dan memastikan gelar liga untuk Persib.

Tak sampai di situ saja, Made Wirawan kembali membawa Persib meraih gelar yakni Piala Presiden 2015 usai Maung Bandung mengalahkan Sriwijaya di partai final.

Kiprah apiknya di bawah mistar membuat Timnas Indonesia sempat mempercayainya sebagai penjaga gawang, di mana ia tercatat tampil sebanyak 8 pertandingan.

Kini, Made Wirawan menutup perjalanan heroiknya bersama Persib di Liga 1 2022-2023, sekaligus menutup karier indahnya sebagai pemain.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More