Irwan Febri Rialdi
Para pemain Persija Jakarta merayakan kemenangan setelah menggulung Arema FC di lanjutan BRI Liga 1 2022/2023, Minggu (12/2/2023). (Twitter/@Persija_Jkt)

Bolatimes.com - Persija Jakarta memiliki peluang untuk tampil sebagai wakil Indonesia di Piala AFC 2023/2024. Ada sejumlah skenario yang bisa dijalankan untuk mewujudkan peluang tersebut.

Saat ini, peluang Persija Jakarta untuk mewakili Indonesia di Piala AFC 2023/2024 memang terbuka sangat lebar. Hal itu seiring dengan kemenangan dramatis yang mereka raih pada pekan ke-33.

Saat bertandang ke markas Dewa United, Persija Jakarta akhirnya berhasil memenangkan pertandingan dengan skor tipis 1-0 lewat gol Hansamu Yama Pranata yang tercipta pada menit ke-90+7.

Baca Juga:
Vietnam Khawatir Andai Rumor Park Hang-seo Latih Timnas Indonesia Jadi Kenyataan

Kemenangan ini turut membawa Macan Kemayoran melonjak ke peringkat kedua. Mereka sukses menggusur Persib Bandung yang pada pekan ke-33 digulung Persita Tangerang empat gol tanpa balas.

Dengan posisi kedua ini, Macan Kemayoran masih memiliki syarat untuk bisa mewakili Indonesia di ajang Piala AFC 2023-2024 melalui jalur play-off.

Syaratnya memang cukup sederhana, yakni memenangkan pertandingan terakhir Liga 1 2022/2023 untuk mengamankan peringkat kedua demi merebut status sebagai runner-up.

Baca Juga:
Timnas Indonesia U-22 Digembleng Latihan Finishing, Ronaldo Kwateh Bilang Begini

Pernyataan ini memang sejalan dengan informasi yang diberikan oleh Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB), Ferry Paulus, yang menyebut bahwa Indonesia mendapatkan tiga slot untuk tampil di level Asia.

Satu kontestan di antaranya akan menjalani play-off Liga Champions Asia 2023/2024. Wakil ini nantinya akan ditentukan lewat play-off antara Bali United sebagai juara musim lalu dengan PSM Makassar sebagai juara musim ini.

Tim yang kalah nantinya otomatis menjadi wakil Indonesia di Piala AFC 2023/2024, sedangkan wakil ketiga dari Indonesia harus melewati fase play-off Piala AFC terlebih dahulu.

Baca Juga:
Video Detik-detik Sadio Mane Baku Pukul dengan Leroy Sane usai Bayern Munich Dihajar Manchester City

Nah, wakil ketiga inilah yang berpeluang besar menjadi milik Persija Jakarta karena statusnya sebagai calon runner-up kompetisi Liga 1 2022-2023. Namun, perjuangannya memang masih akan ditentukan via laga terakhir.

“Tim yang kalah dari playoff, statusnya langsung hadir di AFC Cup pada babak penyisihan grup,” jelas Ferry, dilansir dari laman resmi PT LIB, Selasa (11/4/2023).

"Tidak ada lagi playoff untuk slot yang ketiga. PSSI sudah menentukannya secara langsung,” tambahnya.

Baca Juga:
Terlalu Tangguh, Klub Jordi Amat 'Diusir' dari Liga Malaysia, Diminta Gabung Negara Lain

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More