Rauhanda Riyantama
Penyerang Borneo FC, Matheus Pato melakukan selebrasi. (Twitter/@MatheusAntnio7)

Bolatimes.com - BRI Liga 1 2022-2023 menyisakan satu laga pekan terakhir, persaingan perebutan gelar top skor dan assist semakin menarik untuk diikuti.

Setelah PSM Makassar merengkuh gelar juara Liga 1 2022, persaingan menarik terjadi dalam perebutan pencetak gol terbanyak dan assist.

PSM Makassar mengunci gelar Liga 2 2022 usai mengalahkan Madura United pada pekan ke-32 dengan skor 3-1, raihan 72 poin tak mampu dikejar pesaing lain.

Baca Juga:
Juara BRI Liga 1 2022, PSM Makassar akan Angkat Trofi Model Terbaru

Persib Bandung dan Persija Jakarta kini hanya bersaing untuk peringkat kedua klasemen alias runner-up kompetisi musim ini.

Sementara itu, kejutan terjadi dalam dafta pencetak gol terbanyak Liga 1 musim ini di mana tak ada nama lokal yang mampu bersaing.

PSM Makassar pun hanya menempatkan Ramadhan Sananta di 10 besar tak mampu menembus 5 besar daftar pencetak gol terbanyak.

Baca Juga:
Debut di BRI Liga 1 usai Tampil Heroik Bersama Timnas Indonesia U-20, Ini Kata Daffa Fasya

Lantas siapa saja pemain yang berada di lima besar pencetak gol terbanyak Liga 1 musim ini? berikut ini di antaranya.

1. Matheus Pato (Borneo FC)

Buruknya performa Persib Bandung dalam dua laga terakhir membuat takhta tertinggi pencetak gol terbanyak musim ini diambil alih striker Borneo FC, Matheus Pato.

Baca Juga:
Sepak Terjang Sieng Chanthea, Kapten Timnas Kamboja U-22 yang Punya 26 Caps Bersama Tim Senior

Pato berhasi menyalip torehan gol David da Silva (23 gol) dengan mengoleksi 25 gol saat ini bersama raksasa Kalimantan, Borneo FC.

Catatan gol itu bisa bertambah, namun Borneo FC dihadapkan lawan kuat sekaligus peraih gelar, PSM Makassar di laga pamungkas Liga 1 2022-2023.

2. David da Silva (Persib Bandung)

Baca Juga:
Reaksi Pelatih Bali United usai Dua Pemainnya Dipulangkan dari TC Timnas Indonesia U-22

Dampak negatif bapuknya Persib Bandung di beberapa laga terakhir membuat catatn gol David da Silva terheni di angka 23.

Striker asal Brasil itu pun harus merelakan tempat pertama diduduki kompatriotnya di Borneo FC yang sudah mengoleksi 25 gol.

3. Ilija Spasojevic (Bali United)

Berstatus sebagai WNI, Spasojevic menjadi satu-satunya pemain non-asing yang sukses masuk dalam jajaran 5 besar pencetak gol terbanyak Liga 1 2022.

Mengoleksi 16 poin, catatan itu masih menjadi yang terbaik dalam beberapa musim terakhirnya di kompetisi kasta teratas Liga Indonesia.

4. Privat Mbarga (Bali United)

Bali United menempatkan dua pemainnya dalam perebutan gelar pencetak gol terbanyak, hanya berselisih satu gol dari Spasojevic.

Privat Mbarga berada di peringkat keempat dengan raihan 15 golnya di musim ini di Liga 1 2022, catatan itu masih bisa bertambah.

5. Gustavo Tocantins (Barito Putera)

Performa Barito Putera di musim ini boleh saja bapuk, namun catatan gol salah satu pemainnya bukti bahwa mereka punya pemain berkualitas.

Gustavo Tocantins meramaikan jajaran pencetak gol terbanyak lima besar, menempati peringkat kelima dengan raihan 13 gol.

Berikut Top Assist Liga 1 2022

Jihad Ayoub (12)
Daisuke Sato, Eber Bessa, Nick Kuipers (11)
Brwa Nouri, Hanif Sjahbandi, Luthfi Kamal, Putu Gede (10)

Kontributor: Eko
Load More