Rauhanda Riyantama
Justin Hubner berlatih dengan Belanda U-20. (Instagram/justinhubner5)

Bolatimes.com - Justin Hubner dikabarkan masih berkomitmen untuk merampungkan proses naturalisasinya kendati Timnas Indonesia U-20 gagal mentas di Piala Dunia U-20 2023.

Timnas Indonesia U-20 sendiri sudah dibubarkan setelah Indonesia dibatalkan statusnya sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 oleh FIFA.

Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI Arya Sinulingga memastikan tetap naturalisasi mereka. Justin Hubner pun dikabarkan masih berkomitmen untuk menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Baca Juga:
Juara BRI Liga 1 2022, PSM Makassar akan Angkat Trofi Model Terbaru

Kendati begitu, ada beberapa hal yang mungkin bisa membuat Justin Hubner bimbang melanjutkan proses naturalisasinya!

1. Kesempatan Bermain untuk Belanda

Kemampuan Justin Hubner nyatanya juga dipantau oleh staf kepelatihan tim nasional Belanda. Ini dibuktikan dengan dipanggilnya Justin Hubner ke skuad Belanda U-20 bulan lalu.

Baca Juga:
Debut di BRI Liga 1 usai Tampil Heroik Bersama Timnas Indonesia U-20, Ini Kata Daffa Fasya

Justin Hubner bahkan bermain penuh saat Belanda U-20 mengalahkan Prancis U-20 di laga uji coba. Ini menjadi indikasi bahwa pemain Wolves U-21 itu punya kans membela Belanda.

Kesempatan membela Belanda di level kelompok junior tentunya menjadi hal yang sulit dilewatkan karena berpotensi melambungkan karier Justin Hubner.

2. Gagal Tampil di Piala Dunia

Baca Juga:
Sepak Terjang Sieng Chanthea, Kapten Timnas Kamboja U-22 yang Punya 26 Caps Bersama Tim Senior

Jika Justin Hubner memutuskan membela Belanda, masih banyak kesempatan buat Justin Hubner untuk mentas di ajang bergengsi lainnya.

Sebab dengan tetap menjadi pemain naturalisasi, Justin Hubner tetap tidak akan tampil di Piala Dunia U-20 2023. Faktor ini yang bisa membuat Justin bimbang melanjutkan naturalisasinya.

3. Butuh Kepastian

Baca Juga:
Reaksi Pelatih Bali United usai Dua Pemainnya Dipulangkan dari TC Timnas Indonesia U-22

Proses yang dilewati oleh Justin Hubner untuk mendapatkan status sebagai warga negara Indonesia (WNI) memang berlangsung sangat panjang.

Bahkan, pelatih Timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong, sendiri mengakui jika Justin Hubner tetap mendapatkan panggilan dari Timnas Belanda U-20 tak terlepas dari panjangnya proses naturalisasi ini.

Oleh karena itu, Justin Hubner pastinya lebih memilih untuk mengambil langkah-langkah yang sudah memiliki kepastian ketimbang menggadaikan nasibnya terkatung-katung bersama Timnas Indonesia U-20.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More