Irwan Febri Rialdi
Kolase PSM Makassar dan Bali United. (Instagram/@psmmakassar/@liga1match)

Bolatimes.com - Tim yang akan menjadi perwakilan Indonesia untuk tampil di ajang Liga Champions Asia 2023/2024 bakal diperebutkan oleh PSM Makassar dan Bali United melalui babak play-off.

Munculnya babak play-off untuk menentukan PSM Makassar dan Bali United sebagai wakil Indonesia di Liga Champions Asia ini tak terlepas dari slot yang diberikan oleh AFC.

Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) telah memberikan tiga slot kepada PSSI yang terdiri dari play-off Liga Champions Asia, fase penyisihan Piala AFC, hingga play-off Piala AFC

Baca Juga:
Lama Sekali, Kapan Terakhir Kali Klub Indonesia Bermain di Liga Champions Asia?

Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB), Ferry Paulus memastikan bahwa nantinya akan ada tiga tim Indonesia yang tampil di kejuaraan Asia.

“PSSI sudah bersurat ke AFC terkait nominasi dan kriteria dari wakil Indonesia yang berhak tampil di tiga slot yang sudah diinformasikan AFC,” kata Ferry Paulus.

Ferry juga menjelaskan bahwa slot peserta fi babak play-off akan diwakili oleh pemenang juara Liga 1 2021/2022, Bali United, dan juara Liga 1 2022/2023, PSM Makassar.

Baca Juga:
Menpora dan PSSI akan Bertemu untuk Bahas Kemungkinan Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-17

"Tim yang kalah dari play-off, statusnya langsung hadir di AFC Cup pada babak penyisihan grup," tambahnya.
Lalu, siapakah tim yang lebih layak menjadi wakil Indonesia di Liga Champions Asia musim depan? Apakah PSM Makassar atau Bali United?

Keunggulan PSM Makassar

Status PSM Makassar sebagai jawara Liga 1 2022/2023 memang turut diiringi dengan sejumlah kualitas yang mumpuni. Yang pertama, mereka jadi tim paling sedikit kalah musim ini.

Baca Juga:
Blak-blakan, Des Walker Pinggirkan 3 Pemain Garuda Select karena Masalah Kedisiplinan

Tercatat, PSM hanya kalah tiga kali. Gawannya juga termasuk jarang kebobolan. Dari 33 pertandingan sejauh ini, mereka hanya kemasukan 28 gol.

PSM Makassar juga punya modal berharga karena mereka sudah mampu mencatatkan kiprah yang cukup luar biasa di ajang Piala AFC musim lalu.

Ketika itu, performa Juku Eja memang cukup moncer. Bahkan, secara mengejutkan mereka bisa menebus fase final zona ASEAN. Sayangnya, pada babak ini langkahnya terhenti karena ditekuk Kuala Lumpur City FC dengan skor 5-2.

Baca Juga:
Dikabarkan Dapat Kontrak dari Leicester City, Striker Muda Thailand Absen di SEA Games 2023

Keunggulan Bali United

Jika dibandingkan dengan performa PSM Makassar musim ini, catatan yang dimiliki Bali United memang tak terlalu baik. Sebab, mereka tergusur ke peringkat kelima dengan koleksi 51 poin dari 33 laga.

Akan tetapi, Bali United tetap saja memiliki keunggulan yang tidak dimiliki oleh PSM Makassar. Salah satu di antaranya yakni tingkat produksi gol yang tinggi.

Pada musim ini, Serdadu Tridatu tercatat sebagai kontestan dengan koleksi gol terbanyak bersama Borneo FC dengan total 64 gol dari 33 laga. PSM hanya bisa mencetak 60 gol.

Selain itu, Bali United juga punya keunggulan lainnya, yakni home-base berstandar internasional. Sebagai informasi, Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, sudah bersolek.

Stadion yang disiapkan untuk menggelar Piala Dunia U-20 2023 ini memang punya kualitas yang mumpuni untuk bisa tampil di level Asia.

Cek berita dan artikel lainnya di GOOGLE NEWS

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More