Rauhanda Riyantama
Laga debut Asnawi Mangkualam bersama Jeonnam Dragons. (Dok. K League)

Bolatimes.com - Sebuah channel YouTube yang membahas sepak bola, Kreator Bola, membuat sebuah narasi dan rumor yang menyebut Asnawi Mangkualam diincar klub Liga Inggris.

Dalam sebuah video yang diunggah ke kanal YouTube-nya pada Minggu (9/4), Kreator Bola membuat sebuah video dengan judul yang mengundang spekulasi.

“TERLALU MUDAH DI LIGA KOREA!! ASNAWI DI INCAR KLUB LIGA INGGRIS USAI CETAK 2 ASISST,” begitu bunyi judul video dari Kreator Bola.

Baca Juga:
5 Kekalahan Telak Luis Milla sebagai Pelatih, Ada di Persib Bandung dan Timnas Indonesia

Penjelasan

Asnawi Mangkualam memang sedang tampil impresif bersama klub K League 2, Jeonnam Dragons. Terbaru ia mampu mencetak dua assist.

Jeonnam Dragons menghadapi Seongnam dalam lanjutan K League 2, Sabtu (8/4/2023). Asnawi Mangkualam kembali dapat kesempatan bermain.

Baca Juga:
Berhasrat Bela Timnas Indonesia, Jay Idzes Masih Dihantui Kebimbangan

Meski dimainkan sebagai bek kiri dan bukan di posisi aslinya sebagai bek kanan, Asnawi mampu menjawab tantangan tersebut dengan tampil impresif lewat bukti dua assist.

Pertama, pemain yang sempat berkarier di Ansan Greeners itu mampu memperdaya bek lawan sebelum mengirim umpan untuk Valdivia yang mencetak gol di menit ke-55.

Empat menit berselang, Asnawi kemudian mengirimkan umpan lambung terukur untuk Ha Nam. Bola kirimannya mendarat dengan indah yang kemudian bisa dikonversi menjadi gol.

Baca Juga:
Terungkap Slot Klub Indonesia di Kompetisi Asia, Persib dan Persija Ikut Berebut Satu Tempat

Sayangnya penampilan apik Asnawi berakhir antiklimaks. Pasalnya Jeonnam Dragons gagal meraih kemenangan usai Seongnam bisa mencetak gol penyeimbang hingga pertandingan berakhir dengan skor 2-2.

Meski begitu, torehan Asnawi ini menjadi sinyal positif buat pemain berusia 23 tahun itu karena ia baru saja pulih dari cedera yang membuatnya harus absen cukup lama.

Kesimpulan

Baca Juga:
Rincian Dana yang Dibekukan FIFA Imbas Indonesia Gagal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20

Video yang diunggah oleh Kreator Bola masuk ke dalam kategori hoaks atau berita bohong, pasalnya tidak ada rumor atau bahkan berita yang membahas soal ketertarikan klub Liga Inggris kepada Asnawi.

Bahkan dalam video yang diunggah oleh Kreator Bola, sama sekali tidak ada pembahasan mengenai isi dari video atau judul yang disematkan.

Isi video yang diunggah oleh Kreator Bola cuma berisi cuplikan penampilan Asnawi Mangkualam tanpa ada suara narasi yang membahas soal isu yang dilemparkan seperti judul video.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More