Rauhanda Riyantama
Potret pemain Timnas Indonesia di FIFA Matchday Maret 2023. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Berikut deretan negara Asia yang ranking FIFA-nya berpotensi disalip Timnas Indonesia, di mana salah satunya adalah rival abadi, yakni Malaysia.

Belum lama ini, ranking FIFA Timnas Indonesia melonjak drastis dari peringkat ke-151 dunia menjadi peringkat ke-149 dunia.

Keberhasilan naik peringkat ini tak lepas dari kesuksesan tim besutan Shin Tae-yong itu kala melakoni FIFA Matchday Maret 2023 melawan Burundi.

Baca Juga:
Masuk Grup Neraka SEA Games 2023, Pelatih Vietnam Melakukan Perubahan Tak Terduga

Dalam pertandingan yang berlangsung sebanyak dua kali itu, tim berjuluk skuad Garuda ini mampu meraih satu kemenangan dan satu hasil imbang.

Berhubung Burundi memiliki ranking yang lebih tinggi ketimbang Indonesia, maka kemenangan dan hasil imbang itu memberikan poin signifikan untuk tim Merah Putih.

Alhasil, posisi Timnas Indonesia pun langsung meroket, dari yang sebelumnya ada di peringkat ke-151 dan kini duduk di peringkat ke-149.

Baca Juga:
Menilik Kans Timnas Indonesia Lolos ke Piala Dunia 2026, Misi Maha Sulit

Dengan masih adanya kalender FIFA lainnya yang tersisa di tahun 2023 ini, Timnas Indonesia pun masih bisa mengatrol posisinya di ranking FIFA.

Karenanya, ada potensi Timnas Indonesia bisa menggusur negara-negara Asia lainnya di peringkat FIFA atasnya, yang juga berfungsi untuk mengatrol posisi di ranking Asia.

Lantas, negara Asia mana saja yang posisinya di ranking FIFA bisa digusur oleh Timnas Indonesia? Berikut daftarnya.

Baca Juga:
Kamboja Bongkar 3 Tahapan Latihan Persiapan SEA Games 2023, Timnas Indonesia U-22 Wajib Waspada

1. Hong Kong

Hong Kong saat ini duduk di peringkat ke-147 dunia, atau hanya unggul dua tingkat saja dari Timnas Indonesia di ranking FIFA dengan raihan 1057,03 poin.

Timnas Indonesia pun berpotensi menggusur posisi negara tersebut andai bisa meraih kemenangan pada FIFA Matchday di bulan Juni 2023 mendatang.

Baca Juga:
CEK FAKTA: Zlatan Ibrahimovic Jadi Incaran Persija Jakarta dan Persib Bandung, Dikontrak hingga 2027

2. Kuwait

Lawan Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia 2023, Kuwait, juga berada di atas Indonesia pada ranking FIFA, dengan menduduki peringkat ke-143 dengan 1071,92 poin.

Dengan adanya FIFA Matchday di bulan Juni 2023 dan bulan-bulan selanjutnya, Timnas Indonesia yang punya 1046,14 poin bisa saja menggusur Kuwait andai bisa meraih kemenangan di FIFA Matchday.

3. Malaysia

Rival abadi Timnas Indonesia, Malaysia, menjadi negara yang rankingnya naik drastis, hingga kini duduk di peringkat ke-138 dunia dengan 1082,13 poin.

Andai Timnas Indonesia bisa konsisten meraih kemenangan dari lawan-lawan berat pada FIFA Matchday mendatang, maka bukan hal yang mustahil untuk menggusur Malaysia di peringkat itu.

4. Turkmenistan

Timnas Indonesia juga bisa menggusur Turkmenistan yang kini duduk di peringkat ke-137 dunia dengan mengantongi 1095,20 poin.

Di FIFA Matchday mendatang, Turkmenistan wajib mewaspadai Timnas Indonesia yang punya rekam jejak bagu selama melakoni agenda FIFA dalam beberapa tahun terakhir.

5. Filipina

Tak ada yang menyangka Filipina bisa menduduki peringkat ke-136 FIFA mengungguli negara-negara kuat, dengan raihan 1097,67 poin.

Timnas Indonesia pun berpeluang menggusur Filipina, menyusul performa tim berjuluk The Azkals itu yang cenderung inkonsisten dan kerap menuai kekalahan dari negara-negara lainnya.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More