Rauhanda Riyantama
Sandy Walsh ceritakan Simon McMenemy menjadi pelatih yang mengontaknya untuk diproses naturalisasi. (YouTube/Eleven Belgium)

Bolatimes.com - Sebuah kabar mengejutkan mengenai pemain natualirasi Timnas Indonesia, Sandy Walsh, baru-baru ini diedarkan oleh kanal YouTube Kreator Bola.

Sebab, mereka mengunggah sebuah video yang narasi dan informasinya berisi bahwa Sandy Walsh sudah menjadi seorang muslim karena memenuhi janjinya.

Dalam judul video yang diunggah kanal YouTube Kreator Bola itu, disebutkan Sandy Walsh memeluk agama islam karena ranking FIFA Timnas Indonesia mengalami peningkatan.

Baca Juga:
Profil Costinha, Eks Rekan Setim Cristiano Ronaldo yang Kini Alih Profesi Jadi Pramugara

“Dapat Hidayah Masuk Islam! Sandy Walsh Penuhi Nazar Usai Timnas Naik Ranking FIFA,” bunyi judul yang disematkan dalam video unggahan kanal YouTube Kreator Bola tersebut.

“Namun, baru-baru ini Sandy Walsh seperti mengejutkan publik. Ya, bagaimana tidak, ternyata dalam dua minggu terakhir Sandy Walsh sudah mengikuti puasa. Ini pun sangat di luar dugaan karena Sandy Walsh adalah non-muslim,” bunyi narasi video yang diunggah Kreator Bola.

Baca Juga:
Kisah Costinha, Mantan Rekan Setim Cristiano Ronaldo yang Kini Alih Profesi Jadi Pramugara

PENJELASAN

Sandy Walsh sebetulnya memang sudah menceritakan kisahnya yang ikut berpuasa di bulan Ramadan meskipun dia bukan seorang muslim.

Hal ini terungkap dalam sebuah unggahan akun Youtube pribadinya. Ia pun bercerita dimana ia melakukan rutinitas para muslim ketika di bulan Ramadan.

Baca Juga:
Media Vietnam Berharap Negaranya Duel dengan Timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2023, Kenapa?

Meski bukan muslim, pemain 28 tahun tersebut berusaha untuk mencoba melakukan puasa Ramadan. Ia mengaku telah melakukan puasa Ramadan ini selama seminggu bersama sang pacar. Ternyata mereka kerap melakukan

"Saya bersama pacar berbuka puasa di restoran sekitar Brussel," ujarnya dalam Youtube pribadinya.

"Dimulai dengan bangun pagi untuk bisa mendapatkan makanan dan beberapa minuman, saya harus membiasakan diri," tambahnya.

Baca Juga:
Dulu Abroad Bareng ke Slovakia, Egy Maulana Vikri Buka Suara Jelang Duel Lawan Witan Sulaeman di BRI Liga 1

Sandy memang tidak terbiasa bangun pagi. Meskipun begitu, ia tetap berkomitmen untuk melakukannya. Namun, tidak ada penjelasan apa pun dari Sandy Walsh jika dirinya kini sudah menjadi seorang muslim.

KESIMPULAN

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa informasi dan narasi yang diedarkan oleh kanal YouTube Kreator Bola tidak sesuai dengan fakta yang sesungguhnya.

Sandy Walsh memang menjalani puasa di bulan Ramadan. Namun, dia hanya menjalankannya karena ingin mencoba untuk melakukan puasa saja. Tidak ada penjelasan apa pun soal keinginan atau rencana Sandy Walsh menjadi seorang mualaf.

Dengan kata lain, informasi yang diunggah dan diedarkan oleh kanal YouTube Kreator Bola itu dapat dikategorikan sebagai hoaks atau misinformasi.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More