Irwan Febri Rialdi
Cek Fakta Justin Hubner didaftarkan PSSI ke SEA Games 2023. (YouTube/Kreator Bola)

Bolatimes.com - Beredar informasi bahwa pemain keturunan Justin Hubner didaftarkan ke SEA Games usai urusan paspornya tuntas. Benarkah informasi tersebut?

Informasi tersebut dikabarkan oleh kanal YouTube Kreator Bola lewat video yang diunggahnya, di mana kanal tersebut mengklaim bahwa Justin Hubner didaftarkan SEA Games.

Klaim tersebut terlihat dari judul bombastis yang digunakan Kanal YouTube Kreator Bola yang diunggah 15 jam lalu saat artikel ini dibuat, Sabtu (8/4) pukul 15.30 WIB.

Baca Juga:
5 Negara Raksasa Asia yang Berpeluang Satu Grup dengan Timnas Indonesia di Piala Asia 2023

“URUSAN PASPOR BERES!! JUSTIN HUBNER DIDAFTARKAN SEA GAMES - TIMNAS RESMI FULL SENYUM,” bunyi judul video tersebut.

Hingga artikel ini dibuat, video unggahan kanal Kreator Bola itu telah ditonton sebanyak 2994 kali dan menuai 5 komentar dari netizen.

PENJELASAN

Baca Juga:
Kisah Mualaf Abanda Herman, Dapat Hidayah dari Sholat 5 Waktu Skuad Persib Bandung

Dalam video unggahan kanal YouTube Kreator Bola dengan durasi 3 menit 3 detik itu, video dibuka dengan narasi mengenai kebutuhan Timnas Indonesia akan pemain hebat.

Salah satu yang menjadi objek di video tersebut adalah Justin Hubner yang merupakan pemain keturunan dan kini tengah berkarier di Inggris bersama Wolverhampton Wanderers.

Video pun dilanjutkan dengan informasi bahwa Justin Hubner tengah menjalani proses naturalisasi, dengan mengutip pernyataan dari sosok yang bersangkutan dan juga Hamdan Hamedan.

Baca Juga:
Nganggur di Timnas Indonesia sampai Juni, Inilah 3 Kegiatan yang Bisa Dilakukan oleh Shin Tae-yong

Narasi pun berlanjut dengan rumor bahwa Justin Hubner sempat diisukan batal membela Indonesia, menyusul adanya panggilan ke Timnas Belanda U-20.

Namun video itu mengutip pernyataan Justin Hubner yang ingin membela Indonesia, dengan catatan dirinya masuk ke Timnas Senior.

Usai membahas informasi soal Justin Hubner, kanal YouTube Kreator Bola mengklaim bahwa Justin Hubner bisa menjadi bagian Timnas Indonesia di SEA Games.

Baca Juga:
CEK FAKTA: Elkan Baggott TIba di Indonesia untuk Gabung Timnas Indonesia U-22 Jelang SEA Games 2023, Benarkah?

KESIMPULAN

Berdasarkan judul dan video yang diunggah kanal YouTube Kreator Bola, bisa disimpulkan bahwa informasi yang diedarkan tak sesuai dengan fakta yang ada.

Dalam judul video tersebut, disebutkan bahwa urusan paspor Justin Hubner telah beres dan ia didaftarkan untuk SEA Games.

Tapi dalam informasi yang ada di video tersebut, tak ada pembahasan mengenai paspor Justin Hubner dan dirinya didaftarkan untuk SEA Games.

Malahan, video tersebut hanya memuat kabar mengenai proses naturalisasi Justin Hubner yang sempat menjadi perbincangan karena kegagalan Timnas Indonesia U-20 tampil di Piala Dunia U-20 2023.

Bisa disimpulkan bahwa judul dan isi video yang diunggah kanal YouTube Kreator Bola itu tak berkaitan sama sekali.

Dengan kata lain, informasi yang diedarkan Kreator Bola lewat judul videonya itu masuk dalam kategori hoaks dan disinformasi.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More