Husna Rahmayunita
Dapat THR KTP, Pemain keturunan dipastikan bela Timnas Indonesia di SEA Games 2023. (YouTube/Keator Bola)

Bolatimes.com - Kanal YouTube Kreator Bola yang menyebut sederet pemain keturunan telah mendapat KTP (Kartu Tanda Penduduk) Indonesia dan bisa bermain di SEA Games 2023.

Dalam video yang diunggah kanal YouTube Kreator Bola pada Jumat (7/4/2023) membuat isu berkaitan dengan pemain keturunan di tubuh timnas Indonesia U-22.

Kanal YouTuber tersebut membenturkan proses naturalisasi pemain asal Belanda dengan kesiapan tTimnas Indonesia U-22 berlaga di SEA Games 2023.

Baca Juga:
3 Dampak Sanksi Pembekuan Dana FIFA Forward untuk Indonesia

"DAPAT THR KTP INDONESIA!! PEMAIN KETURUNAN DIPASTIKAN BELA TIMNAS U-23 DI SEA GAMES," bunyi judul video yang diunggah Kreator Bola.

Meski begitu judul dan isi yang dinarasikan Kreator Bola dalam videonya sangat berbeda dan sama sekali tidak membahas pemberian KTP.

Narasi dari si pembuat video hanya menyebutkan beberapa pemain keturunan yang tengah menjalani proses naturalisasi dan yang berpotensi menyusulnya.

Baca Juga:
Drama Naturalisasi Justin Hubner, Eks Exco PSSI Mengaku Sumbernya Bertolak Belakang dengan Hamdan Hamedan

Satu nama yang menarik disebut akun YouTube ini adalah Miliano Jonatans, sosok yang disebut-sebut ngebet membela timnas Indonesia.

PENJELASAN

Sejumlah pemain keturunan memang tengah dalam proses naturalisasi, termasuk rombongan Justin Hubner yang sebelumnya sudah mendapat restu DPR.

Baca Juga:
Garuda Select Dilibas Southampton Tiga Gol Tanpa Balas, Pelatih Inggris: Sedikit Mengecewakan

Namun hingga saat ini proses naturalisasi masih belum memberi kabar teranyar, ditambah Indonesia batal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023.

Sementara itu nama Miliano Jonathans juga belum ada dalam daftar pemain yang dinaturalisasi, sejauh ini baru ada tiga pemain.

Di antaranya Justin Hubner, Rafael Struick dan Ivar Jenner, khusus untuk nama pertama juga memunculkan polemik baru.

Baca Juga:
Disanksi FIFA, PSSI Kehilangan Dana Santunan Ratusan Miliar

Di saat proses naturalisasi berjalan, Justin mendapat panggilan memperkuat timnas Belanda U-20 untuk laga uji coba melawan Prancis.

Hal itu diiyakan Justin dan pada akhirnya ia membela Belanda U-20, sementara nasib dari proses naturalisasinya masih belum diketahui.

Sementara di tubuh skuad timnas Indonesia U-22 untuk SEA Games 2023 hanya ada Seiya Da Costa sebagai pemain keturunan asal Jepang.

KESIMPULAN

Judul kanal YouTube Kreator Bola termasuk menyesatkan karena tak sesuai dengan isi yang dinarasikan, perihal KTP untuk pemain keturunan dan bermain di SEA Games 2023.

Terlebih untuk Miliano Jonathans yang memang baru sekadar isu, sementara proses naturalisasi untuk Justin Hubner, Ivar Jenner dan Rafael Struick masih berjalan.

Indra Sjafri selaku pelatih Timnas Indonesia U-22 juga sudah memanggil 36 pemain yang dipersiapkan untuk SEA Games 2023.

Dari 36 nama tersebut tidak ada pemain keturunan yang disebutkan Kreator Bola sudah mendapat KTP, sehingga kabar yang dibagikan tidak sesuai fakta.

Kontributor: Eko
Load More