Husna Rahmayunita
TC Timnas Indonesia U-22 untuk SEA Games 2023. (Instagram/@pssi)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia U-22 dipastikan bisa tampil di SEA Games 2023 meski PSSI dijatuhi sanksi FIFA buntut batalnya Piala Dunia U-20 2023 di Tanah Air.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir memastikan cabang sepak bola putra Indonesia bisa berpartsipasi di SEA Games 2023 yang digelar di Kamboja pada 29 April. Sebab, Indonesia hanya mendapat kartu kuning dari FIFA.

Hal itu diungkap Erick Thohir selepas kembali melakukan pertemuan dengan Presiden FIFA Gianni Infantino di Paris, Prancis, Kamis (6/4/2023).

Baca Juga:
Dengan Cinta, Direktur Garuda Select Doakan Timnas Indonesia U-22 'Beruntung' di SEA Games 2023

"Saya sudah berusaha maksimal saat bertemu dengan FIFA. Dengan sanksi ini, kita masih terus melanjutkan program transformasi sepak bola bersama FIFA. Dengan sanksi ini, kita tidak dikasih kartu merah, tapi kartu kuning sehingga kita bisa bermain dan berkompetisi di SEA Games pada akhir bulan ini," tutur Erick Thohir seperti dimuat dari laman PSSI.

FIFA memberikan sanksi administrasi kepada PSSI berupa pembekuan dana FIFA Forward 3.0 atau dana bantuan FIFA untuk keperluan operasional PSSI.

Dalam rilis resminya, FIFA menyebut untuk sementara akan melakukan pembatasan penggunaan dana FIFA Forward ke PSSI sampai pemberitahuan lebih lanjut.

Baca Juga:
Ronaldo Kwateh Belum Jawab Panggilan ke Timnas Indonesia U-22, Tak Tertarik Main di SEA Games 2023?

Selain itu, FIFA akan melakukan penilaian secara menyeluruh terkait rencana strategis yang diputuskan sebelum mencabut sanksi.

"Saya hanya bisa berucap, Alhamdulillah, atas rahmat Allah SWT dan doa dari seluruh rakyat Indonesia khususnya para pecinta sepak bola, Indonesia bisa terhindar dari sanksi berat pengucilan dari sepakbola dunia. Istilahnya, Indonesia hanya mendapat kartu kuning, tidak kartu merah," tutur Erick Erick Thohir.

"Setelah saya menyampaikan pesan Presiden Jokowi, dan menjelaskan cetak biru sepak bola kita, FIFA hanya memberikan sanksi administrasi berupa pembekuan dana FIFA Forward untuk keperluan operasional PSSI. Hal itu akan direview kembali setelah FIFA mempelajari strategi besar pengembangan sepak bola Indonesia," sambungnya.

Baca Juga:
Prediksi: Daftar 20 Pemain Timnas Indonesia U-22 yang Dipilih Indra Sjafri ke SEA Games 2023

Hanya mendapat sanksi kartu kuning, Indonesia pun tetap bisa tampil di SEA Games 2023. Di kejuaraan tersebut, Timnas Indonesia U-22 tergabung dalam grup A bersama tuan rumah Kamboja, Myanmar, Filipina dan Timor Leste.

Load More