Rauhanda Riyantama
Striker timnas Indonesia U-16, Arkhan Kaka dalam laga uji coba. (Twitter/@PSSI)

Bolatimes.com - Berikut dua pemain Timnas U-20 yang bisa dipanggil Timnas Indonesia U-17 andai Tanah Air menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023.

Bukan rahasia lagi jika Indonesia diharapkan bisa menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023 yang akan digelar pada akhir tahun ini.

Harapan ini muncul setelah induk sepak bola dunia, FIFA, mencabut status Peru sebagai tuan rumah penyelenggaraan ajang tersebut.

Baca Juga:
Kronologi Masalah yang Menjerat Bimo Wirjasoekarta hingga Disanksi FIFA

Adapun alasan FIFA mencabut status Peru usai melihat kondisi negara tersebut, yang diklaim telah didiskusikan dengan Federasi Sepak Bola Peru (FPF).

Beredar kabar bahwa pencabutan ini dikarenakan Peru belum siap secara infrastruktur, sehingga FIFA pun akan menunjuk tuan rumah baru.

Untuk jadwalnya sendiri, FIFA tetap akan berpatokan dengan jadwal yang ada sebelumnya, yakni dilangsungkan pada 10 November hingga 2 Desember 2023.

Baca Juga:
Profil Bimo Wirjasoekarta, Presiden Persikabo 1973 yang Kena Sanksi FIFA

Indonesia pun kemudian diharapkan bisa menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023. Apalagi setelah statusnya sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 dicabut oleh FIFA.

Pasalnya, Indonesia memiliki infrastruktur yang lebih siap ketimbang Peru, sehingga bisa menjadi tuan rumah ajang tersebut.

Andai Indonesia terpilih sebagai tuan rumah pengganti, maka Timnas Indonesia U-17 akan berkesempatan tampil di ajang tersebut.

Baca Juga:
Komentar Indra Sjafri usai Timnas Indonesia U-22 Terhindar dari Grup Neraka SEA Games 2023

Jika Timnas Indonesia U-17 tampil di Piala Dunia U-17 2023, maka ada dua penggawa Timnas Indonesia U-20 yang akan turut serta.

Siapa saja kedua pemain itu? Berikut daftarnya.

1. Sulthan Zaky

Baca Juga:
Terhindar dari Grup Neraka di SEA Games 2023, Timnas Indonesia U-22 Diwanti-wanti Ketum PSSI

Sulthan Zaky adalah penggawa Timnas Indonesia U-20 yang diproyeksikan akan tampil di Piala Dunia U-20 2023 meski usianya baru 16 tahun.

Sebelumnya, bek milik PSM Makassar ini merupakan debutan di Timnas Indonesia U-20, menyusul performa impresifnya bersama Timnas Indonesia U-16.

Dengan kematangannya itu serta usianya yang masih sesuai regulasi Piala Dunia U-17 2023, maka Sulthan Zaky pun dipastikan akan membela Timnas Indonesia U-17 jika tampil di ajang itu.

2. Arkhan Kaka

Penggawa Timnas Indonesia U-20 lainnya yang akan tampil bagi Timnas Indonesia U-17 lainnya adalah penyerang muda bernama Arkhan Kaka.

Arkhan Kaka merupakan jebolan Timnas Indonesia U-16 dan sempat masuk dalam pemusatan latihan Timnas Indonesia U-20 untuk Piala Asia U-20 2023 lalu.

Belum lama ini, ia baru saja mencatatkan debut di Liga 1 di usia yang baru 15 tahun. Dengan pengalaman itu, dirinya diyakini akan jadi andalan untuk Timnas Indonesia U-17 jika tampil di ajang itu.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More