Husna Rahmayunita
TC Timnas Indonesia U-22 untuk SEA Games 2023. (Instagram/@pssi)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia U-22 berpotensi satu grup dengan Vietnam di SEA Games 2023. Ini karena kedua tim berpeluang ada di pot berbeda pada drawing nanti.

Menurut akun Twitter, @theaseanball, drawing sepakbola SEA Games 2023 sendiri akan digelar pada 5 April 2023 mendatang di Stadion Nasional Moradok Techo, Phnom Penh.

Untuk cabor sepak bola akan diisi oleh 10 tim yaitu Indonesia, Kamboja, Laos, Malaysia, Filipina, Myanmar, Thailand, Singapura, Vietnam, dan Timor Leste.

Baca Juga:
Soroti Serangan Israel ke Sepak Bola Palestina, Media Qatar Singgung FIFA yang Copot Status Piala Dunia U-20 Indonesia

Format drawing untuk SEA Games 2023 diprediksi tak akan berbeda dengan edisi sebelumnya. Di pot 1 akan diisi oleh juara bertahan dan tuan rumah.

Sementara Pot 2 diprediksi bakal dihuni oleh Thailand dan Indonesia yang sama-sama meraih medali di SEA Games sebelumnya. Indonesia meraih perunggu dan Thailand perak.

Jika prediksi ini benar, ada peluang besar Timnas Indonesia U-22 satu grup dengan Vietnam. Nah, Indonesia sendiri punya peluang untuk mengalahkan Vietnam.

Baca Juga:
3 Instruksi Presiden Jokowi untuk Menpora Dito Ariotedjo, Termasuk Galakkan Tarkam

1. Hasil Negatif Vietnam U-22 di Uji Coba

Vietnam U-22 gagal total dalam salah satu agenda pemanasan mereka menuju SEA Games 2023 saat menelan tiga kekalahan di Qatar.

Di Doha Cup 2023, Vietnam U-22 membuka kampanye mereka dengan kekalahan tiga gol tanpa balas saat bersua Irak U-23. Kemudian, mereka kembali sebelum merasakan kekalahan dengan skor 0-4 dari Uni Emirat Arab.

Baca Juga:
Tutup Mata atas Serangan Brutal Israel ke Sepak Bola Palestina, FIFA Dapat Sindiran dari Qatar

Di laga terakhir, Vietnam kembali menelan kekalahan dari Kyrfyzstan dalam babak adu penalti. Hasil tersebut membuat Vietnam U-22 menempati peringkat terbawah dari 10 tim peserta Doha Cup 2023.

2. Adaptasi Pelatih Baru

Vietnam U-22 saat ini dilatih oleh sosok anyar yaitu Philippe Troussier. Suksesor Park Hang-seo tersebut punya pengalaman melatih Qatar dan Jepang.

Baca Juga:
Juara Spain Masters, Gregoria Mariska Tunjung Diharapkan Dulang Prestasi di SEA Games

Meski punya CV dan pengalaman yang luar biasa bagus, Troussier diprediksi masih butuh adaptasi dan waktu dalam membentuk permainan Vietnam U-22.

3. Motivasi Gagal ke Piala Dunia U-20

Timnas Indonesia U-22 dipastikan bakal punya motivasi tambahan untuk meraih hasil maksimal di SEA Games 2023 sebagai pelipur lara gagalnya Timnas Indonesia U-20 mentas di Piala Dunia U-20 2023.

Indra Sjafri sendiri sudah memastikan bakal memanggil beberapa pemain Timnas Indonesia U-20 ke skuad Timnas U-22 Indonesia.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More