Husna Rahmayunita
Pemain RANS Nusantara Muhammad Fadilla Akbar dipanggil ke TC Timnas U-22 untuk persiapan SEA Games 2023. (Instagram/@akbarfadilla)

Bolatimes.com - Mengenal lebih jauh sosol Muhammad Fadilla Akbar, pemain yang sempat viral karena bermain kasar saat melawan Persib Bandung dan kini menuju Timnas Indonesia U-22.

Indra Sjafri selaku pelatih Timnas Indonesia U-22 telah merilis 36 nama yang akan menjalani pemusatan latihan (TC) tahap terakhir jelang SEA Games 2023.

Adapun TC kali ini akan digelar di Jakarta terhitung sejak Sabtu (1/4) dan akan berakhir pada akhir April, sebelum Timnas Indonesia U-22 berangkat ke Kamboja.

Baca Juga:
Jadwal Semifinal Spain Masters 2023: Dua Wakil Indonesia Tersisa, Gregoria Mariska Tunjung vs Carolina Marin

Nantinya, pria yang juga menjabat sebagai Direktur Teknik PSSI ini akan memilih 20 pemain saja dari 36 pemain pada TC kali ini guna berjuang di SEA Games 2023.

Dari 36 pemain yang dipanggil untuk TC ini, wajah-wajah tak asing di sepak bola nasional pun hadir. Sebut saja Rizky Ridho, Witan Sulaeman, Alfeandra Dewangga, hingga Ernando Ari.

Tak hanya pemain yang punya nama mentereng karena prestasinya, Indra Sjafri juga memanggil pemain muda yang sempat memiliki kisah kelam pada diri Muhammad Fadilla Akbar.

Baca Juga:
Sempat Dihapus, Ivar Jenner Kembali Cantumkan PSSI di Bio Instagramnya

Pemain milik RANS Nusantara FC ini punya kisah kelam, mengingat namanya dikenal karena pernah bermain kasar melawan Persib Bandung.

Berikut profil Muhammad Fadilla Akbar 

Muhammad Fadilla Akbar merupakan pemain yang berposisi sebagai gelandang bertahan bagi RANS Nusantara FC yang lahir pada 8 September 2001 atau 21 tahun silam di Medan, Sumatera Utara.

Baca Juga:
Tinggalkan Sekolah demi Timnas Indonesia, Hokky Caraka Diminta Berguru ke Boaz Solossa

Pemain yang akrab disapa Fadilla Akbar ini menapaki karier sepak bolanya di kampung halamannya, dengan bermain untuk Medan Jaya, Medan Utama, Medan Sakti, serta PPLP Sumatera Utara.

Setelahnya, ia bergabung klub profesional di masa juniornya, yakni PSMS Medan pada 2018 sebelum melangkah ke jenjang senior.

Di jenjang senior sendiri, Fadilla Akbar sempat bermain untuk Medan Utama dan juga PSDS Deli Serdang, yang merupakan dua tim asal Sumatera Utara sejak 2019 hingga 2020.

Baca Juga:
Hokky Caraka, Rela Tinggalin Sekolah demi Garuda tapi Piala Dunia U-20 2023 Batal Digelar di Indonesia

Barulah pada 2021, dirinya memilih keluar dari tanah kelahirannya dan bergabung dengan RANS Cilegon yang saat itu masih bermain di Liga 2.

Usai membawa RANS Cilegon promosi ke Liga 1, Fadilla Akbar sempat dipinjamkan ke tim Liga 1 lainnya, yakni Madura United hingga April 2022.

Usai menuntaskan masa peminjaman, ia pun kembali ke RANS yang telah berganti menjadi RANS Nusantara untuk mengarungi Liga 1 2022-2023.

Di Liga 1 2022-2023 ini, Fadilla Akbar tercatat telah tampil sebanyak 14 kali bagi RANS, di mana ia kerap tampil sebagai gelandang bertahan dan juga sebagai bek tengah.

Sebagai pemain bertahan, Fadilla Akbar pun dikenal pemain yang lugas dan tak pandang bulu. Namun kelugasannya dalam bertahan itu membuat permainannya dicap kasar.

Salah satunya ia tampilkan saat RANS melawan Persib Bandung di pekan ke-25 Liga 1 2022-2023, di mana ia beberapa kali bermain kasar dalam menghentikan pergerakan lawan.

Dalam video yang beredar, terlihat Fadilla Akbar bermain kasar dengan menerjang kaki kanan Rachmat Irianto, mendorong serta menekel Ricky Kambuaya, dan menerjang Ciro Alves.

Permainan kasar ini terus berlanjut sepanjang laga, dengan tekelnya kepada Marc Klok yang hanya berujung kartu kuning. Padahal, Fadilla Akbar hanya bermain selama 45 menit saja di laga itu.

Permainan kasar inipun membuat Fadilla Akbar menjadi sasaran amarah pendukung Persib. Kini, ia punya kesempatan untuk memperbaiki namanya bersama Timnas Indonesia U-22.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More