Irwan Febri Rialdi
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, dalam laga melawan Burundi. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Keputusan FIFA mencabut status Indonesia sebagai tuan rumah penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2023 juga diyakini bakal berpengaruh terhadap status Shin Tae-yong.

Pasalnya Shin Tae-yong menerima tawaran dari PSSI untuk menjadi pelatih Timnas Indonesia karena salah satunya faktor Indonesia sebagai tuan rumah penyelenggara Piala Dunia U-20 2023.

Sayangnya, persiapan panjang yang sudah dilakukan oleh Shin Tae-yong bersama anak asuhnya di skuad Timnas Indonesia U-20 harus pupus begitu saja.

Baca Juga:
Hukum Sikat Gigi saat Puasa di Bulan Ramadan, Begini Penjelasannya

Sebab, FIFA telah resmi menghapuskan status tuan rumah Indonesia pada PIala Dunia U-20 2023. Pembatalan status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 juga berarti bahwa Timnas Indonesia U-20 tidak bisa berpartisipasi pada kejuaraan ini.

Jika sudah seperti ini, bagaimana nasib Shin Tae-yong sebagai pelatih Timnas Indonesia? Apakah dia akan cabut karena Piala Dunia U-20 2023 batal digelar di Indonesia?

Awal Kedatangan Shin Tae-yong

Baca Juga:
Sudah Persiapan Lama, Shin Tae-yong Sakit Hati Piala Dunia U-20 di Indonesia Batal

Shin Tae-yong sempat menjelaskan kepada media asing, Korea Times, bahwa dirinya akan mendapatkan sejumlah tugas jika menerima kontrak dari PSSI.

Dalam kontrak itu disebutkan, Shin Tae-yong diminta PSSI untuk menyiapkan Timnas Indonesia U-20 yang akan berlaga di Piala Dunia U-20 di mana Indonesia akan menjadi tuan rumah pada 2021.

Selain itu, eks-juru taktik Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 ini juga diminta untuk menakhodai Timnas Indonesia U-23 dan senior.

Baca Juga:
3 Kerugian Timnas Indonesia U-20 seusai Batal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2023

“Federasi sepak bola Indonesia (PSSI) meminta saya fokus ke Piala Dunia U-20 karena mereka akan menjadi tuan rumah. Mereka juga berbicara soal AFF Suzuki Cup. Mereka sangat ambisius,” kata Shin Tae-yong dilansir dari Korea Times.

Shin Tae-yong juga sempat mengatakan bahwa Indonesia sangat serius membangun Timnas Indonesia U-20 setelah terpilih menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20.

Ketika itu, skuad yang diproyeksikan untuk tampil bersama Timnas U-20 ialah Bagus Kahfi dan kawan-kawan di skuad Timnas U-18 yang sempat diasuh oleh Fakhri Husaini. 

Baca Juga:
Piala Dunia U-20 2023 Batal Digelar di Indonesia, Persija Jakarta Beri Pesan Menyentuh

“Saya diminta oleh Federasi Sepak Bola Indonesia untuk memperbaiki semua komposisi Timnas Indonesia,” ujar Shin Tae-yong saat itu.

“Saya ingin membantu pemain muda untuk menjadi lebih baik karena Piala Dunia U-20 2021 akan diselenggarakan di Indonesia,” lanjutnya.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More