Irwan Febri Rialdi
Beredar kabar klub Spanyol meminati Jordi Amat. (YouTube/Kreator Bola)

Bolatimes.com - Baru-baru ini kanal YouTube Kreator Bola mengunggah sebuah video yang menyebut bahwa Jordi Amat diminati klub Spanyol seusai mencetak gol debut bersama Timnas Indonesia. Bagaimana faktanya?

Video tersebut diunggah Kreator Bola pada Selasa (28/3/2023). Judul yang dibubuhkan dalam video tersebut bahkan juga turut mengundang kontroversi.

“Golnya viral di Eropa! Jordi Amat langsung dirayu klub Spanyol 45 milyar. Ini buktinya,” bunyi judul kanal YouTube Kreator Bola.

Baca Juga:
Temui FIFA di Qatar, Erick Thohir: Mudah-mudahan Ada Jalan Keluar

Sampai saat ini, video yang diunggah kanal YouTube Kreator Bola itu sudah ditonton sebanyak 5,8 ribu kali. Lalu bagaimana sebetulnya fakta dari narasi tersebut?

PENJELASAN

Jordi Amat memang berhasil mencetak gol pada pertandingan kedua antara Timnas Indonesia melawan Burundi pada ajang FIFA Matchday.

Baca Juga:
Momen Penyelamatan Ganda Syahrul Trisna di Laga Timnas Indonesia vs Burundi

Pada laga yang digelar di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat pada Selasa (28/3/2023) itu, gol yang dicetak Jordi Amat sekaligus menghindarkan Timnas Indonesia dari kekalahan.

Namun, sampai saat ini belum jelas maksud kanal YouTube Kreator Bola yang mengatakan bahwa golnya Jordi Amat viral di Eropa. Sebab, tidak ada bukti yang dicantumkan oleh akun tersebut.

Selain itu, keterangan soal klub Spanyol yang merayu Jordi Amat dengan uang sebesar Rp45 milar juga tidak berdasarkan fakta yang jelas.

Baca Juga:
Beda Nasib di FIFA Matchday: Indonesia Turun Peringkat, Malaysia Naik Drastis

Pasalnya, sampai saat ini tidak ada klub Spanyol yang menyatakan ketertarikannya untuk merekrut Jordi Amat dari Johor Darul Takzim (JDT) dengan iming-iming uang sebesar Rp45 miliar.

KESIMPULAN

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa narasi dan informasi yang disebarkan oleh kanal YouTube Kreator Bola melalui videonya tersebut tidak sesuai dengan fakta yang sesungguhnya.

Baca Juga:
Senior Sandy Walsh Ikut Buka Suara Soal Polemik Piala Dunia U-20: Indonesia Harus Tiru Qatar!

Pasalnya, tidak ada bukti bahwa gol yang dicetak Jordi Amat viral di Eropa. Selain itu, informasi palsu soal ketertarikan klub Spanyol yang bersedia membayar uang sebesar Rp45 miliar juga sebatas isapan jempol semata.

Dengan demikian, informasi yang disebarkan oleh Kreator Bola dapat dikategorikan sebagai hoaks karena tidak sesuai dengan fakta yang sesungguhnya.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More