Irwan Febri Rialdi
Logo Piala Dunia U-20 2023 Indonesia. [PSSI]

Bolatimes.com - Jalan Indonesia mendapatkan status sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 tidak dilewati dengan mudah. Butuh proses panjang hingga pergantian pengurusan untuk menjadi tuan rumah ajang ini.

Namun perjuangan tersebut terancam bakal terbuang percuma lantaran saat ini FIFA membatalkan drawing Piala Dunia U-20 2023 di Bali. Keputusan ini didasarkan atas munculnya penolakan terhadap Israel.

Gubernur Bali I Wayan Koster dan sejumlah pihak di Tanah Air menolak terhadap kedatangan tim nasional atau timnas Israel. Bahkan, terbaru muncul kabar Peru sudah ditetapkan tuan rumah pengganti Indonesia.

Baca Juga:
Jadwal Pertandingan BRI Liga 1 Hari Ini: PSIS vs Persebaya Surabaya, Partai Hidup Mati Laskar Mahesa Jenar di Kandang

Tentu akan sangat disayangkan jika Indonesia gagal menggelar Piala Dunia U-20 2023 setelah melewati proses yang cukup panjang untuk mengajukan diri sebagai tuan rumah.

Kilas Balik

Indonesia harus melakukan proses bidding dan mengalahkan negara lain. Negara lain yang menjadi kandidat tiga besar terketat Indonesia adalah Brasil dan Peru.

Baca Juga:
PSSI Bantah Pihak yang Sebut FIFA Kirim Surat Pembatalan Piala Dunia U-20 2023

Selain Brasil, Peru, dan Indonesia menjadi tiga kandidat terakhir yang lolos beberapa tahapan seleksi. Sebelumnya juga ada Myanmar/Thailand, Arab Saudi/Bahrain/Uni Emirat Arab yang mengajukan diri menjadi tuan rumah bersama.

Akan tetapi, dua calon tuan rumah gabungan tersebut tidak lolos seleksi hingga tahap akhir. Alhasil, FIFA pun menunjuk Indonesia dibandingkan Peru dan Brasil.

Keputusan Indonesia resmi ditunjuk sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 ditetapkan oleh Dewan FIFA di Shanghai, China, pada 23 hingga 24 Oktober 2019.

Baca Juga:
Sebut 'Indonesia Ora Sepele', FIFA Bikin Netizen Terkejut dan Setengah Tak Percaya

Awalnya, Indonesia sebetulnya bersedia menggelar Piala Dunia U-20 2021. Namun karena adanya pandemi Covid-19, FIFA pun membatalkan edisi 2021 itu dan akhirnya melangsungkan ajang ini pada 2023.

Meski edisi 2021 batal, FIFA tetap menetapkan Indonesia sebagai tuan rumah edisi 2023. Pagelaran legendaris yang akan berlangsung pada 20 Mei hingga 11 Juni 2023 ini merupakan ajang bergengsi yang digelar FIFA sejak 1977.

Serangkaian persiapan pun sudah dilakukan oleh pemerintah dan PSSI untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Mulai dari infrastruktur hingga hal-hal pendukung lainnya.

Baca Juga:
Klasemen Sementara BRI Liga 1 2022/2023: Tumbang dari Persita, Mimpi Persija Jakarta Raih Juara hanya Tinggal Asa

Selain itu, sudah ada enam stadion di Indonesia yang bakal menjadi venue Piala Dunia U-20 2023. FIFA pun telah secara reguler memantau kesiapan enam stadion tersebut.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More