Irwan Febri Rialdi
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. [suara.com]

Bolatimes.com - Polemik kedatangan Timnas Israel U-20 di Piala Dunia U-20 2023 semakin menanas. Setelah PKS dan Gubernur Bali I Wayan Koster yang menyerukan penolakan, kini giliran Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Dengan tegas, Ganjar menyatakan menolak kedatangan kesebelasan Israel di Indonesia untuk bermain dalam Piala Dunia U-20.

Ganjar beralasan, penolakan tersebut merupakan wujud berpegang teguh kepada komitmen bersama dalam upaya kemerdekaan Palestina yang pernah diamanatkan Presiden RI pertama, Soekarno.

Baca Juga:
Pengalaman Lawan Pemain Afrika di Liga Inggris dan Spanyol, Jordi Amat Ingatkan Hal ini Jelang Kontra Burundi

Sebagai salah satu kader PDI Perjuangan, Ganjar memilih untuk memegang teguh anamat Bung Karno untuk mendukung kemerdekaan Palestina, dengan menolak kedatangan timnas Israel di Tanah Air.

"Kita sudah tahu komitmen Bung Karno terhadap Palestina. Jadi ya kita ikut amanat beliau," tegas Ganjar dalam keterangan tertulis pada awak media, Kamis (23/3/2023).

Ganjar juga mengaku mengamati mengenai aksi kekerasan di Palestina yang dilakukan oleh Israel. Menurut pengamatannya, kekerasan tersebut semakin meningkat.

Baca Juga:
Berpengalaman Lawan Pemain Afrika, Elkan Baggott Waspadai 2 Keunggulan Burundi

Terlebih dengan munculnya kelompok politik dalam pemerintahan Israel yang menolak untuk mengakui keberadaan Palestina sebagai negara yang merdeka dan berdaulat.

Karena itu, ia menegaskan sudah sepatutnya Indonesia konsisten dalam menyuarakan dukungannya terhadap Palestina, dengan menolak timnas Israel berlaga di Piala Dunia U-20.

Kontributor Suara.com: Damayanti Kahyangan

Baca Juga:
Justin Hubner Gabung Belanda U-20, Netizen Indonesia Terbagi Dua

Load More