Irwan Febri Rialdi
2 pemain keturunan, Ivar Jenner dan Justin Hubner yang akan dinaturalisasi. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Tiga pemain yang akan menjalani proses naturalisasi, yakni Justin Hubner, Ivar Jenner, dan Rafael Struick, masih harus melewati berbagai langkah untuk menjadi warga negara Indonesia (WNI).

Yang terbaru, Justin Hubner, Ivar Jenner, dan Rafael Struick, memang baru saja mendapatkan persetujuan permohonan naturalisasi dari Komisi III DPR RI.

Persetujuan untuk ketiga pemain tersebut diberikan DPR melalui Rapat Paripurna ke-16 yang dipimpin oleh Puan Maharani pada Selasa (21/3/2023).

Baca Juga:
Langka, Berikut Daftar Pencetak 5 Gol dalam Satu Laga di Liga Champions

Setelah disetujui DPR RI, proses naturalisasi ini masih harus melewati beberapa tahapan, yakni dilanjutkan kepada Sekretariat Negara (Setneg) untuk mendapat Keputusan Presiden (Keppres) dari Presiden Joko Widodo.

Baru setelah itu, prosesnya akan dilanjutkan kepada Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia alias Kemenkumham. 

Kementerian ini akan mengundang ketiga pemain tersebut untuk menjalani pengambilan sumpah menjadi warga negara Indonesia (WNI).

Baca Juga:
Kylian Mbappe Jadi Kapten Timnas Prancis di Kualifikasi Piala Eropa 2024

Kemudian, Justin Hubner, Ivar Jenner, dan Rafael Struick akan membuat Kartu Tanda Penduduk (KTP) di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil alias Disdukcapil.

Semua proses ini masih harus dijalani oleh ketiga pemain tersebut sebelum bisa didaftarkan PSSI untuk bermain bersama Timnas Indonesia U-20 di Piala Dunia U-20 2023.

Apalagi, ketiga pemain ini juga sudah mendapat panggilan dari Shin Tae-yong untuk mengikuti pemusatan latihan (TC) Timnas Indonesia U-20.

Baca Juga:
Eden Hazard Tidak Lagi Bela Timnas Belgia, Kevin De Bruyne Ambil Alih Ban Kapten di FIFA Matchday

Selain menjalani latihan tahap pertama di Jakarta, mereka juga akan menjalani pemusatan latihan (TC) jangka panjang di Korea Selatan.

Sebagai informasi, Ivar Jenner merupakan gelandang tengah kelahiran Utrecht, Belanda, pada 10 Januari 2004. Pemain berusia 18 tahun itu saat ini berstatus sebagai anggota tim Utrecht U-21.

Sampai saat ini, Ivar Jenner sudah bermain untuk tim nasional Belanda di kelompok usia muda. Dia tercatat tampil bersama Belanda U-15 pertama kali pada 7 Maret 2019.

Baca Juga:
Polemik Penolakan Timnas Israel yang Main di Bali pada Piala Dunia U-20 2023, Media Malaysia Acungi Jempol

Sementara itu, Justin Hubner merupakan bek tengah asal Inggris yang lahir pada 14 September 2003. Pemain yang memperkuat Wolverhampton Wanderers U-21 itu masih berusia 19 tahun.

Sebelumnya, Justin Hubner juga pernah bermain bersama timnas Belanda U-19 sejak mencatatkan debut pada 6 September 2021. Sejauh ini, dia sudah bermain tujuh kali bersama Belanda U-19.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More