Rauhanda Riyantama
Calon bek timnas Indonesia U-20, Justin Hubner cetak gol kemenangan untuk klubnya Wolves U-21. (Instagram/wolvesacademy)

Bolatimes.com - Pemain keturunan Indonesia-Belanda, Justin Hubner, belakangan ini menjadi sorotan karena ‘diperebutkan’ oleh Timnas Indonesia U-20 dan Timnas Belanda U-20.

Di tengah proses naturalisasi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI), Justin Hubner mendapat panggilan Timnas Belanda U-20 untuk laga persahabatan lawan Prancis pada 25 Maret mendatang.

Hal itu sempat mengundang pertanyaan besar dari publik, apakah Justin Hubner akan memenuhi panggilan Belanda U-20 atau tetap melanjutkan proses naturalisasi untuk menjadi WNI.

Baca Juga:
Soal Wacana Lawan Argentina, Shin Tae-yong: Jangan Bicara Saja, Buktikan!

Yang terbaru, Direktur Teknik (Dirtek) PSSI Indra Sjafri mengatakan bek Justin Hubner masih berkomitmen untuk membela Timnas U-20 di Piala Dunia U-20 2023.

“Hingga saat ini, dia masih berkomitmen. Terakhir dia mengatakan masih berkomitmen,” kata Indra saat dijumpai di Jakarta, Senin (20/3/2023).

Berikut Bolatimes.com menyajikan daftar fakta-fakta menarik tentang Justin Hubner, pemain yang menjadi rebutan Timnas Indonesia U-20 dan Belanda U-20.

Baca Juga:
Daftar Lengkap 23 Pemain Italia untuk Laga Uji Coba Jelang Piala Dunia U-20 Indonesia

1. OTW Jadi WNI

Sampai saat ini, proses naturalisasi Justin Hubner, Rafael Struick, dan Ivar Jenner akan tetap dilanjutkan. Sebab, permohonannya sudah disetujui oleh Komisi X DPR RI.

Hal ini disampaikan langsung oleh Pelaksana Tugas (Plt) Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Muhadjir Effendy, setelah membahas hal ini bersama DPR RI.

Baca Juga:
Mengenal The Next Mbappe yang Bakal Main di Piala Dunia U-20 Indonesia, Jadi Rebutan Klub Top Eropa

"Alhamdulilah keempatnya sudah disetujui oleh Komisi X DPR dan nanti akan sidang lagi untuk mendapat pengesahan dari Komisi III," ujarnya di Kantor DPR, Senayan, Jakarta pada Senin 20 Maret 2023. 

2. Sudah Dihubungi Shin Tae-yong

Pelatih Timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong, memang sudah berani memastikan bahwa Justin Hubner akan tetap melanjutkan proses naturalisasinya.

Baca Juga:
Daftar 20 Pemain Prancis yang Akan Lakoni Laga Uji Coba Jelang Piala Dunia U-20 Indonesia

Hal itu disampaikan STY setelah menjalin komunikasi langsung dengan Justin Hubner. Menurut STY, Justin tetap memiliki niat untuk menjadi WNI.

"Ini memang bisa terjadi seperti ini karena proses naturalisasi kurang cepat, tetapi saya langsung telepon ke Justin dua hari lalu, dia masih niat dan mau menjadi WNI (warga negara Indonesia)," ujarnya kepada awak media saat ditemui di Stadion PTIK, Jakarta Selatan, Senin, 20 Maret 2023.

3. Dipanggil Timnas Belanda U-20 Bersama 3 Pemain Keturunan Lain

Selain Justin Hubner, Timnas Belanda U-20 ternyata juga memanggil sejumlah pemain keturunan lainnya untuk laga persahabatan melawan Prancis U-20.

Ketiga pemain yang dimaksud ialah Tristan Gooijer, Jenson Seelt, dan Miliano Jonathans. Tristan Gooijer memang sempat diproyeksikan untuk dinaturalisasi, tetapi akhirnya batal.

Dengan kata lain, ketiga pemain keturunan Indonesia ini akan tetap mempertahankan kewarganegaraan Belandanya.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More