Rauhanda Riyantama | Adie Prasetyo Nugraha
Pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong memberikan pernyataan kepada pewarta di Lapangan C Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu (8/2/2023). (ANTARA/Michael Siahaan)

Bolatimes.com - Shin Tae-yong turut berkomentar soal wacana menggelar laga uji coba melawan Timnas Argentina di FIFA Matchday. Ia menegaskan bahwa PSSI bisa merelealisasikan, bukan hanya sekedar omongan semata.

Rencana PSSI ingin mengundang Lionel Messi dan kawan-kawan kali pertama diutarakan oleh wakil ketua umum PSSI Zainudin Amali. Ia menyebut ketua umum Erick Thohir sedang berkomunikasi dengan beberapa petinggi federasi sepak bola termasuk Argentina terkait rencana uji coba.

Argentina diproyeksi menjadi lawan kedua Timnas Indonesia di FIFA Matchday periode Juni. Satu lawan lainnya adalah Palestina yang sudah mengungkapkan kesediaannya.

Baca Juga:
Daftar Lengkap 23 Pemain Italia untuk Laga Uji Coba Jelang Piala Dunia U-20 Indonesia

Shin Tae-yong mengaku sangat senang apabila rencana itu bisa terealisasi. Namun, dia meminta PSSI jangan cuma bisa bicara tanpa ada realisasinya.

"Saya minta tolong segera bisa diundang. Jangan bicara saja," kata Shin Tae-yong kepada awak media, Senin (20/3/2023).

Tahun ini, terdapat lima periode FIFA Matchday yang bisa dimanfaatkan negara-negara anggota FIFA untuk melakukan uji coba demi mengantrol peringkat di ranking dunia.

Baca Juga:
Mengenal The Next Mbappe yang Bakal Main di Piala Dunia U-20 Indonesia, Jadi Rebutan Klub Top Eropa

Selain Maret (20-28) dan Juni (12-20), FIFA Matchday juga akan digelar pada 4-12 September, setelah itu 9-17 Oktober, dan terakhir 13-21 November.

Untuk Maret, Timnas Indonesia akan menghadapi Burundi. Laga digelar dua kali pada 25 dan 28 Maret di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi.

Erick Thohir sebelumnya sudah berbicara agar jadwal FIFA Matchday Timnas Indonesia tidak boleh berlangsung dadakan lagi. Namun, baik tanggal maupun calon lawan sudah harus dipikirkan jauh-jauh hari.

Baca Juga:
Daftar 20 Pemain Prancis yang Akan Lakoni Laga Uji Coba Jelang Piala Dunia U-20 Indonesia

"Jadi PSSI jauh-jauh hari sudah merencanakan untuk menjalani laga FIFA matchday. Ini yang benar," ujar Erick Thohir beberapa waktu lalu.

"Nah komunikasi terus dilakukan oleh kesekretariatan PSSI untuk laga-laga selanjutnya. Jika sudah ada update pada laga lainnya, kami akan beritahukan," jelas Erick.

Baca Juga:
Klasemen Terbaru BRI Liga 1 2022: Persib Bandung Masih Berpotensi Juara usai Taklukkan Dewa United, Ini Syaratnya

Load More