Husna Rahmayunita
Lotra Widianto (kiri) saat membela Garuda Select vs Inter Milan U-17. (Instagram/@programgarudaselect)

Bolatimes.com - Pemain-pemain jebolan Garuda Select telah terbukti mampu menjadi andalan di Timnas Indonesia. Pun dengan para pemain yang saat ini sedang menjalani program di musim kelima (season 5) bisa menjadi opsi Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-20.

Setelah tersingkir di babak penyisihan grup Piala Asia U-20 2023, Shin Tae-yong kini fokus untuk mempersiapkan Timnas Indonesia U-20 yang akan mentas di Piala Dunia U-20 2023.

Untuk menambah opsi pemain, Shin Tae-yong bisa memanggil beberapa pemain Garuda Select musim kelima yang penampilannya menonjol dan mencuri perhatian.

Baca Juga:
Profil Toshiya Miura, Pelatih Anyar Timnas Thailand U-20 yang Pernah Dipecat Vietnam

Sebab beberapa jebolan Garuda Select sebelumnya juga sempat merasakan pemanggilan timnas, di antaranya ada Hokky Caraka yang jadi andalan Shin Tae-yong di lini depan.

Lantas, siapa saja pemain Garuda Select saat ini yang bisa dilirik oleh Shin Tae-yong ke Timnas Indonesia U-20?

1. Lotra Widianto

Baca Juga:
CAS Batalkan Hukuman Seumur Hidup Yves Jean-Bart, FIFA Ajukan Banding

Pemain Garuda Select jilid 5, Lotra Widyanto. (Instagram/@programgarudaselect)

Sosok dengan nama lengkap Givary Lotra Widianto ini lahir pada 2006 sehingga usianya kini 16 tahun dengan tinggi badan mencapai 167 cm. Lotra merupakan pemain sayap yang juga bisa beroperasi sebagai gelandang serang. Kemampuan ini membuatnya bisa lolos ke Tim Garuda Select Musim Kelima.

Namun ini bukan kali pertama Lotra bermain di luar negeri. Tercatat, ia pernah menjadi bagian dari tim Okky Splash Soccer Team U-12 yang mentas di Singapura. 

Saat itu ia melawan tim-tim kelompok umur dari negara-negara lain seperti LFA Protectors sebagai tuan rumah (Singapura), RC Tanuan Labuyo (Filipina), Johor Darul Ta’zim (Malaysia), dan ZES Football (Guam).

Baca Juga:
Hokky Caraka Punya Potensi Besar di Sepak Bola, Shin Tae-yong Sebut Performanya sudah Bersaing di Level Asia Tenggara

Lantas, pada 2020 lalu ia tampil apik di Liga Zein Piala Jakarta U-15 sehingga mendapatkan tiket untuk bergabung dengan Garuda Select Musim Kelima.

2. Nabil Asyura

Pemain Garuda Select jilid 5 Nabil Asyura. (Instagram/@programgarudaselect)

Muhammad Nabil Asyura yang merupakan pemain Timnas Indonesia U-16 memang tampil impresif bersama Garuda Select season 5. Ia juga tampil memukau saat Garuda Select beruji coba di Italia.

Baca Juga:
Tiga Pemain Keturunan Direkomendasikan jadi WNI, Plt Menpora Ingatkan Naturalisasi Pemain Jalan Terakhir

Nabil Asyura berhasil mencetak dua gol yang dicetak ke gawang Como dan AS Monza. Ia merupakan pesepak bola kelahiran Payakumbuh, Sumatera Barat, pada 2 Juli 2006.

Ia memulai karier sepakbolanya di SSB Arafah Payakumbuh, lalu ia direkrut oleh tim Liga 3 untuk tim U-15 asal Sumatera Barat, Gasliko 50 Kota. Nabil hijrah ke PSP Padang.

Nabil Asyura lantas berhasil mengantarkan timnya meraih gelar juara ketiga pada Piala Soeratin 2021-2022. Nabil akhirnya dipanggil oleh Bima Sakti untuk memperkuat Timnas Indonesia U-16 di Piala AFF U-16 2022.

Selain berhasil membawa Timnas Indonesia U-16 keluar sebagai juara, Nabil Asyura pun tampil memukau dengan torehan empat gol. Ia hanya terpaut satu gol dari pemain Thailand, Tontawan Puntamunee yang jadi top skor.

3. Rafly Selang

Penggawa Garuda Select 5 Rafly Selang (kiri). (Instagram/@programgarudaselect)

Rafly Selang namanya melejit usai tampil impresif bersama Garuda Select saat beruji coba di Italia. Ia berhasil mencetak dua gol masing-masing ke gawang Inter Milan dan AS Monza.

Saat ini Rafly berusia 17 tahun dengan tinggi badan 165 cm. Usianya terbilang cukup senior dibanding anggota Garuda Select Season 5 lainnya yang rata-rata lahir di tahun 2006.

Bukan tanpa sebab, pasalnya Rafly merupakan alumni Garuda Select musim keempat. Sehingga tahun ini menjadi kesempatan kedua Rafly bermain untuk Garuda Select.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More