Irwan Febri Rialdi
Pemain PSM Makassar keturunan Kanada, Victor Dethan. (Instagram/victordethan777)

Bolatimes.com - Pemain muda PSM Makassar, Victor Dethan, menjadi salah satu nama kejutan yang mendapatkan panggilan pelatih Timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong, untuk mengikuti TC persiapan Piala Dunia U-20 2023.

Pasalnya, Victor Dethan merupakan salah satu pemain terbaru dalam daftar 29 nama pemain yang mendapatkan panggilan TC Timnas Indonesia U-20 ini.

Victor Dethan memang bukan sosok yang asing bagi penikmat sepak bola Indonesia, terutama Liga 1. Sebab, meski usianya masih sangat muda, dia telah mendapat menit bermain yang melimpah bersama PSM Makassar.

Baca Juga:
Umarali Rahmonaliyev, Bintang Kemenangan Uzbekistan saat Juarai Piala Asia U-20 2023

Berikut Bolatimes.com menyajikan empat fakta menarik Victor Dethan, pemain muda keturunan Kanada yang mendapat panggilan Shin Tae-yong untuk mengikuti TC Timnas Indonesia U-20.

1. Keturunan Kanada, Lahir di Indonesia

Sebagai informasi, Victor Dethan merupakan pemain yang lahir di Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada 11 Juli 2004. Nama lengkapnya ialah Victor Johnson Benjamin Dethan.

Baca Juga:
Striker Jebolan Garuda Select Hanya Main Satu Menit Bersama Klub, PSS Sleman Akhiri Puasa Kemenangan

Darah keturunan Kanada itu didapatkan dari sang ibu yang asli negara tersebut. Sedangkan sang ayah adalah orang asli Kupang.

Meskipun memiliki darah campuran, Victor Dethan nyatanya lebih memilih menjadi warga negara Indonesia (WNI) untuk mengikuti jejak ayahnya.

2. Sempat Geluti Futsal

Baca Juga:
Pratama Arhan Dipanggil Timnas Indonesia untuk FIFA Matchday 2023, Tokyo Verdy Girang

Sebelum menggeluti dunia sepak bola seperti saat ini, Victor Dethan yang kini telah berusia 18 tahun itu ternyata lebih dulu bergelut di dunia futsal.

Ia menjadi salah satu pemain futsal muda yang mampu bersinar di tingkat sekolah dasar (SD) hingga sekolah menengah pertama (SMP).

Setelahnya, Victor kemudian mencicipi dunia sepak bola, di mana ia bermain sebagai winger atau penyerang sayap.

Baca Juga:
Reaksi Berkelas Jordi Amat usai Dapat Panggilan Timnas Indonesia, Siap Totalitas

3. Kesempatan Promosi ke Kasta Tertinggi

Kompetisi Liga 1 2022-2023 barangkali menjadi berkah tersendiri bagi Victor Dethan. Sebab, ini menjadi musim pertama baginya untuk mencicipi atmosfer kompetisi kasta tertinggi.

Sejauh ini, pada musim debutnya bersama PSM di Liga 1, Victor Dethan sudah mengemas 15 kali menit bermain. Namun, nyaris semuanya bermula dari bangku cadangan.

Tercatat, dia pernah tiga kali bermain sebagai starter, lalu 12 pertandingan lainnya dicatatkan sebagai pemain pengganti.

4. Sempat Dipanggil Bima Sakti

Victor Dethan memang sempat mencatatkan kiprah yang cukup istimewa bersama PSM Makassar U-16.

Itulah sebabnya, ia sempat merasakan pemanggilan untuk menjalani pemusatan latihan bersama Timnas Indonesia U-16 di bawah arahan Bima Sakti.

Namun sayangnya, Victor gagal masuk ke skuad Timnas Indonesia U-16. Meski demikian, ia tetap membuktikan kapasitasnya di EPA.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More