Rauhanda Riyantama
Selebrasi pemain Argentina usai lolos ke semifinal Piala Dunia 2022. (AFP)

Bolatimes.com - Berikut deretan keuntungan yang akan didapat Timnas Indonesia andai benar-benar jadi melawan Argentina pada FIFA Matchday Juni mendatang.

Adanya opsi Argentina menjadi lawan tanding skuad Garuda untuk FIFA Matchday di bulan Juni 2023 dikemukakan oleh Wakil Ketua Umum (Waketum) PSSI, Zainuddin Amali.

Ia menyebutkan bahwa rencana itu tengah digodok oleh Ketua Umum (Ketum) PSSI, Erick Thohir, saat menghadiri Kongres FIFA di Rwanda.

Baca Juga:
Bruno Fernandes Tunjukkan Performa Terbaiknya setiap Pertandingan, Pelatih Manchester United Puji Habis-habisan

“Ketum (Erick Thohir) komunikasi dengan beberapa federasi nasional masing-masing dan katanya akan mengundang di FIFA Matchday bulan Juni itu sudah ada Palestina akan main. Dan yang sedang diusahakan itu Argentina,” ujar Zainudin Amali saat ditemui di GBK Arena, Jakarta, Jumat (17/3).

Sebagai informasi, Timnas Indonesia dipastikan akan menghadapi Palestina pada FIFA Matchday bulan Juni 2023. Namun pertandingan ini hanya berlangsung sekali.

Karenanya, PSSI lewat Erick Thohir mengusahakan agar satu pertandingan lainnya pada FIFA Matchday di pertengahan tahun ini adalah Argentina selaku juara Piala Dunia 2022.

Baca Juga:
Menuju Juara BRI Liga 1, Intip Daftar Prestasi PSM Makassar dalam Sejarah Sepak Bola Indonesia

Andai duel melawan Argentina di FIFA Matchday Juni 2023 benar-benar terjadi, maka ada sederet keuntungan yang dirasakan Timnas Indonesia kelak.

Apa saja keuntungan itu? Berikut ulasannya!

1. Berhadapan dengan Lawan Kuat

Baca Juga:
Tak Mau Kalah dengan Indonesia yang bakal Hadapi Timnas Argentina, Malaysia Siapkan Lawan Kuat di FIFA Matchday

Jika Argentina akan menjadi lawan tanding di FIFA Matchday Juni 2023, maka hal tersebut akan memberikan keuntungan bagi Timnas Indonesia dari segi permainan.

Sebab, Argentina merupakan negara kuat dan masuk kategori tim nasional Grade A, yang bisa membuat para pemain Timnas Indonesia belajar satu dua hal saat kedua tim bersua.

Apalagi mengingat jika Timnas Indonesia jarang mendapat lawan Grade A dalam waktu cukup lama, sejak terakhir kali bersua Uruguay, Belanda, dan Islandia.

Baca Juga:
Puncaki Top Skor di BRI Liga 1 2022/2023, David da Silva Bertekad Salip Rekor Sutiono Lamso dan Sergio van Dijk

2. Menaikkan Pamor Sepak Bola Indonesia

Laga melawan Argentina di FIFA Matchday juga akan memberikan keuntungan terhadap sepak bola Indonesia, dengan naiknya animo masyarakat Tanah Air akan olahraga satu ini.

Sebagaimana diketahui, animo sepak bola Indonesia sempat berada di titik nadir, usai pecahnya Tragedi Kanjuruhan yang menelan ratusan korban jiwa.

Laga melawan Argentina pun akan menaikkan kembali gairah sepak bola Indonesia. Apalagi dengan banyaknya pemain bintang dari tim Amerika Latin tersebut.

3. Berimbas pada Ranking FIFA

Argentina bukanlah tim sembarangan di kancah sepak bola dunia, apalagi saat ini tim berjuluk La Albiceleste itu baru saja menjuarai Piala Dunia 2022.

Ditambah lagi, Argentina berada di peringkat kedua ranking FIFA, yang mana pertandingan ini nantinya akan berimbas pada ranking Timnas Indonesia jika mampu meraih hasil atas La Albiceleste.

Di sisi lain, jika Argentina mau bertanding di Juni nanti, maka Timnas Indonesia akan mendapat eksposur lebih, yang membuat negara-negara lainnya di ranking tertinggi FIFA mau beruji tanding melawan skuad Garuda.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More