Rauhanda Riyantama
Shayne Pattynama saat diambil sumpah menjadi WNI pada Selasa (24/1/2023). (YouTube/Kemenkumham DKI Jakarta)

Bolatimes.com - Berikut deretan pemain debutan yang dipanggil ke Timnas Indonesia jelang melakoni laga FIFA Matchday melawan Burundi.

Shin Tae-yong melalui PSSI telah merilis daftar pemain yang akan dibawanya untuk melakoni agenda FIFA Matchday melawan Burundi.

Total ada 28 nama yang dibawa oleh juru taktik asal Korea Selatan itu untuk menghadapi wakil dari Afrika Timur tersebut.

Baca Juga:
3 Pemain yang Sanggup Cetak 5 gol Sepanjang Sejarah Liga Champions, Terkini Erling Haaland

Dari 28 pemain yang dipanggil itu, Persija Jakarta menjadi tim yang paling banyak menyumbangkan pemainnya untuk laga ini.

Total ada enam pemain dari tim berjuluk Macan Kemayoran itu yang dibawa Shin Tae-yong untuk menghadapi Burundi pada 25 dan 28 Maret 2023.

Di samping itu, wajah-wajah lama langganan Timnas Indonesia masih dipanggil oleh Shin Tae-yong. Sedangkan sebagian kecil adalah para debutan yang belum pernah merasakan pemanggilan ke tim nasional.

Baca Juga:
Jos! Tiga Binaan Akademi Persib Timba Ilmu Sepak Bola di Jepang

Setidaknya ada lima pemain yang baru merasakan pemanggilan ke Timnas Indonesia dan berpotensi mencatatkan debutnya bagi skuad Garuda kala melawan Burundi.

Siapa saja para pemain debutan itu? Berikut daftarnya.

1. Daffa Fasya

Baca Juga:
Skandal Dugaan Suap Wasit Barcelona, Toni Freixa Tuding Real Madrid Lakukan Hal Sama

Kiper Timnas Indonesia U-20 Daffa Fasya (Twitter)

Daffa Fasya merupakan kiper Timnas Indonesia U-20 yang menjadi debutan di Timnas Indonesia senior jelang laga melawan Burundi.

Shin Tae-yong memasukkan namanya karena penampilan apik pemain berusia 18 tahun itu sepanjang Piala Asia U-20 2023 lalu.

Selain itu, pemanggilannya tak lepas dari menurunnya performa seniornya di Timnas Indonesia seperti Nadeo Argawinata dan Syahrul Trisna.

Baca Juga:
Segera Berlangsung, Berikut Link Live Streaming Persis Solo vs Arema FC di BRI Liga 1

2. Dony Tri Pamungkas

Bek Timnas Indonesia U-20, Dony Tri Pamungkas, dalam pertandingan melawan Guatemala. (Dok. PSSI)

Rekan setim Daffa Fasya di Timnas Indonesia U-20, Dony Tri Pamungkas, juga mendapat pemanggilan pertamanya di Timnas Indonesia senior jelang melawan Burundi.

Pemain berusia 18 tahun itu turut dibawa Shin Tae-yong yang diyakini terkesan dengan progresnya, terutama di timnas kelompok umur.

Selain itu, Dony Tri juga mampu menjadi andalan Persija dan Thomas Doll, yang membuatnya dianggap sudah matang meski masih berusia remaja.

3. Dzaky Asraf

Dzaky Asraf ungkap pengalaman jalani latihan bersama timnas Indonesia dalam persiapan Piala AFF 2022. (YouTube/PSSI TV)

Dzaky Asraf juga merupakan penggawa Timnas Indonesia U-20 yang naik kelas ke Timnas Indonesia senior untuk menghadapi Burundi.

Untuk Dzaky Asraf sendiri, Shin Tae-yong selalu mengandalkannya di posisi Wing Back bersama Timnas Indonesia U-20.

Selain itu, pemain berusia 20 tahun tersebut mampu tampil reguler di Liga 1 2022-2023 bersama PSM Makassar dengan mencatatkan 18 penampilan.

4. Yance Sayuri

Pemain kembar mlik PSM Makassar, Yance Sayuri dan Yakob Sayuri. (Instagram/yassa_sayuri22)

Selain Dzaky Asraf, PSM juga menyumbangkan debutan lainnya ke Timnas Indonesia senior pada sosok Yance Sayuri.

Saudara kembar Yakob Sayuri ini mendapat panggilan karena penampilan konsistennya bersama PSM sepanjang musim ini.

Pemanggilan ini pun akhirnya menjawab mimpi Yance Sayuri yang ingin berseragam Timnas Indonesia bersama Yakob Sayuri.

5. Shayne Pattynama

Aksi Shayne Pattynama bersama klubnya Viking FK. (Instagram)

Meski Sandy Walsh harus kembali menunda debutnya, Timnas Indonesia tetap akan menyaksikan debut pemain naturalisasi lainnya pada sosok Shayne Pattynama.

Pemain berusia 24 tahun itu masuk dalam daftar pemain yang dibawa Shin Tae-yong untuk melakoni FIFA Matchday melawan Burundi.

Pemanggilan ini pun dilakukan setelah Shayne Pattynama merampungkan naturalisasi dan perpindahan federasi yang telah tuntas baru-baru ini.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More