Rauhanda Riyantama
Erling Haaland cetak lima gol saat Manchester City lumat RB Leipzig 7-0. (AFP)

Bolatimes.com - Berikut deretan pemain yang mampu mencetak lima gol dalam satu laga di Liga Champions, di mana terbaru adalah penyerang Manchester City, Erling Haaland.

Penyerang asal Norwegia itu mampu mencetak Quintrick atau lima gol dalam satu laga saat menghadapi RB Leipzig di leg kedua 16 besar Liga Champions 2022/2023, Rabu (15/3).

Dalam laga tersebut, Manchester City mampu menggulung wakil Jerman itu dengan skor fantastis, yakni 7-0, sehingga menang agregat 8-1.

Baca Juga:
Jos! Tiga Binaan Akademi Persib Timba Ilmu Sepak Bola di Jepang

Dalam kemenangan 7-0 tersebut, Haaland mampu menyumbangkan lima gol untuk timnya. Lima gol itu masing-masing di cetak di babak pertama dan kedua.

Di babak pertama, penyerang berusia 22 tahun itu mampu mencetak Hattrick masing-masing di menit ke-22 lewat penalti, menit ke-24 lewat tandukan, dan menit ke-45+2 lewat sontekan jarak dekat.

Lalu di babak kedua, eks penyerang Borussia Dortmund ini menambah dua gol lagi di menit ke-53 dan menit ke-57, sebelum akhirnya ditarik keluar dan digantikan Julian Alvarez di menit ke-63.

Baca Juga:
Skandal Dugaan Suap Wasit Barcelona, Toni Freixa Tuding Real Madrid Lakukan Hal Sama

Berkat lima golnya ke gawang RB Leipzig itu, Haaland pun masuk buku rekor Liga Champions. Salah satunya adalah sebagai pemain yang bisa mencetak lima gol dalam satu laga.

Sebelum Haaland, siapa saja para pemain yang bisa mencetak lima gol dalam satu laga di Liga Champions? Berikut daftarnya.

1. Lionel Messi (Liga Champions 2011/2012)

Baca Juga:
Segera Berlangsung, Berikut Link Live Streaming Persis Solo vs Arema FC di BRI Liga 1

Lionel Messi menjadi pemain pertama yang berhasil mencetak lima gol dalam satu laga di ajang Liga Champions, yakni pada musim 2011/2012 lalu.

Sama seperti Haaland, Lima gol itu dicetak Messi kala Barcelona melakoni leg kedua babak 16 besar menghadapi wakil Jerman, yakni Bayer Leverkusen.

Berbeda dengan Haaland, pemain berjuluk La Pulga itu mencetak dua gol di paruh pertama dan mencetak tiga gol di paruh kedua pertandingan.

Baca Juga:
Eden Hazard Blak-blakan Ungkap Tak Saling Bicara dengan Carlo Ancelotti

Hebatnya, Messi mencetak lima gol tersebut tanpa penalti, tak seperti Haaland yang membuka kran golnya ke gawang RB Leipzig lewat titik putih.

2. Luiz Adriano (Liga Champions 2014/2015)

Luiz Adriano menjadi pemain kedua yang berhasil mencetak gol dalam satu laga di Liga Champions, tepatnya pada musim 2014/2015 lalu.

Namun berbeda dengan Messi dan Haaland, pemain asal Brasil itu mencetak lima golnya kala membela timnya, Shakhtar Donetsk, melawan Bate Borisov di fase grup.

Dari lima gol yang dicetak eks penyerang AC Milan tersebut, dua di antaranya adalah penalti yang ia lesakkan pada menit ke-28 dan 82.

Sedangkan tiga gol lainnya ia buat dalam waktu tujuh menit saja, yakni di menit ke-37, menit ke-40, dan menit ke-44 pertandingan di babak pertama.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More