Irwan Febri Rialdi
Carlos Raul Sciucatti (kiri) saat masih bermain di Mitra Kukar. (Instagram)

Bolatimes.com - Nama Carlos Raul Sciucatti tidak asing di sepak bola Indonesia, khususnya pada medio 2008 hingga 2015. Ia malang melintang membela beberapa klub Indonesia.

Saking lamanya, beberapa pemain asing memilih menetap atau menjadi warga negara Indonesia. Selain itu, ada beberapa yang mendalami budaya dan kebiasaan para penduduk lokal.

Pemain kelahiran Argentina yang pernah membela Persijap Jepara di era Divisi Utama ini memutuskan menjadi Mualaf usai menikah dengan wanita lokal, yakni Esti Puji Lestari.

Baca Juga:
Misteri Postingan Stefano Lilipaly, Kecewa Tak Dipanggil Timnas Indonesia Lawan Burundi?

Esti Puji Lestari sendiri merupakan CEO klub Persijap Jepara saat Carlos pindah ke klub tersebut pada 2014. Carlos pun memutuskan menjadi mualaf sebelum menikahi Esti.

Saat Mitra Kukar merekrutnya pada 2015, Carlos Raul kemudian semakin memperdalam agama Islam di Pondok Pesantren Assalam Arya Kemuning yang bertempat di Kutai Barat, Kalimantan Timur.

Keputusannya mendalami agama Islam di Kalimantan adalah agar dirinya lebih khusyuk dalam memahami keyakinan barunya itu.

Baca Juga:
Persib dan Persija Sudah, Arthur Irawan Minta Persik Kediri Fokus Lumat Persebaya Surabaya

Adapun sekilas tentang karier sepak bola Carlos Raul, pria kelahiran Buenos Aiers, Argentina, pada 7 Januari 1986 itu memulai kariernya di Independiente pada 2006-2007.

Setelah dilepas Independiente, sosok yang akrab disapa Charly ini pindah ke Kolombia untuk membela klub Academia. Pada Desember 2007, Charly kemudian dilepas oleh Academia yang membuatnya lantas mengambil keputusan menyeberang ke Indonesia dengan bergabung Persijap Jepara di awal tahun 2008.

Pada 2009, Charly menyeberang ke Persela Lamongan. Bersama Laskar Joko Tingkir, ia berhasil mencetak lima gol dalam 14 pertandingan. Torehan itu membuatnya menyeberang ke Persidafon Dafonsoro dengan menorehkan tiga gol dalam 17 laga.

Baca Juga:
Resmi! FIFA Ubah Peserta Piala Dunia 2026 Jadi 48 Tim

Perjalanan Charly di Indonesia berlanjut kala ia bergabung Pro Duta pada, kemudian PSLS Lhokseumawe dan kembali ke Persijap pada 2014.

Setelah menikah dengan Esti pada 2014, Carlos Raul Sciucatti kemudian pindah ke Mitra Kukar. Klub asal Kalimantan itu tercatat menjadi klub terakhir yang dibela oleh Carlos Raul.

Baca Juga:
Hasil Liga Champions: Erling Haaland Cetak 5 Gol, Manchester City Lumat RB Leipzig 7-0

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More