Irwan Febri Rialdi
Selebrasi Stefano Lilipaly usai mencetak gol ke gawang PSIS Semarang. (Dok. Borneo FC)

Bolatimes.com - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, mengambil keputusan yang mengejutkan karena tak memanggil Stefano Lilipaly pada laga FIFA Matchday periode Maret 2023 melawan Burundi.

Padahal, Stefano Lilipaly menjadi salah satu nama pemain yang tampil trengginas bersama timnya di Liga 1. Sayangnya, hal itu tak membuat Shin Tae-yong tergerak untuk memanggil pemain kelahiran Belanda ini.

Shin Tae-yong sebetulnya sudah memanggil empat nama pemain naturalisasi. Mereka adalah Jordi Amat, Marc Klok, Elkan Baggott, dan Shayne Pattynama.

Baca Juga:
Statistik Witan Sulaeman, Lagi Loyo di Persija Jakarta tapi Tetap Dipanggil Shin Tae-yong ke Timnas Indonesia

Setidaknya, ada beberapa alasan yang membuat mantan pemain Bali United ini bisa memberikan dampak positif bagi skuad Garuda pada laga FIFA Matchday nanti.

Berikut Bolatimes.com menyajikan tiga alasan yang membuat Stefano Lilipaly layak dipanggil Shin Tae-yong untuk memperkuat Timnas Indonesia di FIFA Matchday.

1. Tampil Apik di Liga 1

Baca Juga:
Pemanggilan Egy Maulana Vikri dan Witan Sulaeman oleh Shin Tae-yong Banjir Kritikan

Performa yang ditampilkan Stefano Lilipaly bersama Borneo FC di kompetisi Liga 1 2022-2023 sebetulnya cukup apik.

Dia nyaris selalu tampil sepanjang musim ini. Dari 28 laga, artinya Lilipaly juga baru absen satu kali. Pemain berusia 33 tahun ini setidaknya sudah mencatat enam gol dan sembilan assist untuk Pesut Etam.

Catatan itu termasuk istimewa. Apalagi, pada penampilan terakhirnya, ia sukses mencetak dua assist untuk membantu Borneo FC menang 3-1 atas Persija Jakarta.

Baca Juga:
Jadwal BRI Liga 1 Hari Ini, Ada Duel Persis Solo vs Arema FC

2. Pengalaman Internasional

Sejak mencatat debut bersama Timnas Indonesia pada medio 14 Agustus 2013, Stefano Lilipaly merupakan salah satu pemain yang cukup sering mendapat panggilan.

Terbukti, sejauh ini dia sudah mencatatkan total 27 pertandingan internasional bersama skuad Merah Putih. Itu memperlihatkan betapa pemain ini punya jam terbang yang tinggi.

Baca Juga:
Sandy Walsh Beri Klarifikasi Kenapa Tak Bela Timnas Indonesia vs Burundi di FIFA Matchday

Faktor inilah yang membuat Lilipaly layak untuk kembali dipanggil Shin Tae-yong saat Timnas Indonesia menghadapi Burundi pada laga FIFA Matchday.

3. Variasi Strategi Lini Serang

Hadirnya Stefano Lilipaly tentu bisa menambah opsi bagi Shin Tae-yong untuk meracik taktik dan strategi yang lebih variatif di lini serang Timnas Indonesia.

Pasalnya, Stefano Lilipaly merupakan salah satu pemain yang serbabisa dan punya kemampuan multi-posisi alias bisa ditempatkan di mana saja.

Pada Kualifikasi Piala Asia 2023 lalu, dia bisa bermain sebagai sosok false-nine. Peran ini yang agaknya menjadi salah satu keunggulan Lilipaly.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More