Irwan Febri Rialdi
Cek fakta pemain FC Schalke 04 bela Timnas Indonesia di FIFA Matchday. (YouTube/Kreator Bola)

Bolatimes.com - Baru-baru ini, kanal YouTube Kreator Bola mengunggah sebuah video yang narasinya menyebut pemain FC Schalke 04 resmi membela Timnas Indonesia di laga FIFA Matchday. Bagaimana faktanya?

Informasi tersebut disebarkan oleh kanal YouTube Kreator Bola pada Jumat (10/3/2023). Mereka mengunggah sebuah video yang berisi narasi bahwa ada pemain keturunan yang akan kembali dinaturalisasi PSSI.

Dalam judulnya, kanal YouTube Kreator Bola menuliskan bahwa, “PSSI Beri Kejutan! Pemain Schalke Keturunan Bandung Resmi Bela Timnas di FIFA Matchday.”

Baca Juga:
Wakil Kapten Garuda Select Ingin Bela Timnas Indonesia U-20, Netizen Colek Shin Tae-yong

Jika merujuk pada narasi video tersebut, sosok pemain keturunan yang dimaksud ialah Seiya da Costa Lay, pemain keturunan Indonesia-Jepang.

“Salah satu yang muncul kali ini ialah pemain keturunan yang memang sudah membela Timnas Indonesia di TC tahap kedua. Ya, dia adalah Seiya da Costa Lay. Diketahui pemain ini adalah pemain keturunan Jepang,” tulis kanal YouTube Kreator Bola.

PENJELASAN

Baca Juga:
Ambisi Pria Asal Ternate Ikut Program Garuda Select, Ingin Ikuti Jejak Pemain Timnas Indonesia Ini

Seiya Da Costa Lay memang berstatus sebagai pemain keturunan. Gelandang berusia 21 tahun ini lahir di Hiroshima, Jepang. Ibunya asli Jepang, sedangkan ayahnya lahor di Nusa Tenggara Timur.

Selain itu, Seiya da Costa Lay punya keturunan China dan Portugis dari sang kakek. Sehingga, namanya pun memiliki unsur Portugis sekalipun wajahnya layaknya wajah orang Asia pada umumnya.

Akan tetapi, Seiya da Costa Lay bukanlah pemain Schalke. Sebab, dia merupakan pemain asal akademi Arema FC yang sudah mencetak debut di Liga 1.

Baca Juga:
Peluang Juara Persija Makin Tipis, Thomas Doll Curhat Pemain yang Cedera dan Kerap Dipanggil Timnas

Debut yang tercipta pada laga Arema FC vs Persis Solo itu menjadi satu-satunya penampilan Seiya da Costa Lay di Liga 1. Sebab, dia lebih banyak absen karena mengalami cedera ACL.

Sejauh ini, dia juga belum punya caps bersama Timnas Indonesia di berbagai level usia. Sehingga, Seiya masih minim pengalaman dan jam terbang.

KESIMPULAN

Baca Juga:
CEK FAKTA: Gaji Ditunggak 6 Bulan, Shin Tae-yong Nangis dan PSSI Diam saat Ditagih, Benarkah?

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa narasi dan informasi yang diedarkan oleh kanal YouTube Kreator Bola tidak sesuai dengan fakta yang sebenarnya.

Pasalnya, Seiya da Costa Lay merupakan pemain asal Arema FC, bukan Schalke seperti yang disebutkan oleh kanal YouTube tersebut.

Dengan kata lain, informasi yang disebarkan oleh kanal YouTube Kreator Bola dapat dikategorikan sebagai hoaks dan misinformasi lantaran tidak sesuai dengan fakta yang sesungguhnya.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More