Rauhanda Riyantama | Adie Prasetyo Nugraha
Asisten pelatih Timnas Indonesia Nova Arianto. (Bolatimes.com/Arif Budi)

Bolatimes.com - Sosok pelatih yang akan menukangi Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2023 akhirnya terkuak. Muncul rumor Nova Arianto akan gantikan Shin Tae-yong untuk pimpin skuat Garuda Muda.

Kabar ini disampaikan oleh Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan. Meski belum diumumkan secara resmi, ia menyebut Nova Arianto yang merupakan asisten pelatih Shin Tae-yong bakal mengemban tugas tersebut.

Iriawan menjelaskan bahwa dipilihnya Nova Arianto sebagai pelatih Timnas Indonesia U-23 sebagai keinginan langsung Shin Tae-yong yang pada tahun depan akan fokus menangani Timnas Indonesia U-20 yang akan berlaga di Piala Dunia U-20 2023.

Baca Juga:
Respons Ilija Spasojevic yang Akhirnya Dipercaya Shin Tae-yong Bela Timnas Indonesia di Piala AFF 2022

Situasi itu membuat Nova Arianto akan jadi perpanjangan Shin Tae-yong di SEA Games 2023 nanti kendati kepastiannya baru akan diketahui setelah PSSI dan juru taktik asal Korea Selatan itu menggelar rapat.

"Kemarin baru kita diskusikan di Bali dengan Shin Tae-yong. Dia akan menunjuk asistennya tapi tetap di bawah kendalinya," kata Iriawan setelah acara nonton bareng final Piala Dunia 2022 di Hotel Sultan, Jakarta, Senin (19/12/2022) dini hari WIB.

"Karena yang bersangkutan meng-hire dari mulai U-20 sampai senior sehingga mungkin nanti yang U-23 diberikan," jelas sosok yang akrab disapa Iwan Bule tersebut.

Baca Juga:
Shin Tae-yong Coret Elkan Baggott dan Sandy Walsh dari Skuad Timnas Indonesia di Piala AFF 2022, Optimis Juara?

Adapun SEA Games 2023 berlangsung pada 5-17 Mei mendatang. Sementara Piala Dunia U-20 bakal bergulir pada 20 Mei sampai 11 Juni 2023.

Selain Piala Dunia U-20 2023, Shin Tae-yong memiliki banyak pekerjaan termasuk menangani timnas senior.

Melihat jadwal yang begitu padat, Shin Tae-yong dianggap tidak mungkin untuk menangani dua kelompok tim nasional itu secara bersamaan. Karenanya, tanggung jawab memimpin tim di SEA Games 2023 akan diberikan kepada pelatih lain.

Baca Juga:
Dirtek PSSI Buka Suara usai Sandy Walsh Batal Main di Piala AFF 2022

"Bocoran kemarin akan diserahkan ke Nova (Arianto), tapi kita belum memutuskan. Nanti akan ada rapat Exco (Komite Eksekutif). Itu (Nova Arianto) yang terakhir kita diskusikan di Bali," pungkas Mochamad Iriawan.

Load More