Muhammad Ilham Baktora
Timnas Thailand berhasil membantai Myanmar dengan skor 6-0 dalam laga uji coba (Instagram/changsuek)

Bolatimes.com - Gelaran Piala AFF 2022 tinggal menghitung hari sebelum bergulir 20 Desember 2022. Timnas Indonesia yang sudah melakukan pemusatan latihan di Bali siap berangkat ke Jakarta untuk menyiapkan pertandingan.

Tak hanya persiapan untuk tim, skuad Garuda juga perlu mengetahui persiapan tim lawan. Salah satunya Timnas Thailand. Indonesia harus lebih waspada dengan posisi serta forman pemain Timnas Thailand yang akan bertemu dengan mereka di dalam Grup A.

Kedua tim, memiliki tren pertandingan yang bagus selama bertarung di kejuaraan ASEAN. Namun Thailand menjadi satu dari sekian tim yang disegani di kancah sepak bola Asia Tenggara. Bahkan pada Piala AFF 2020 lalu, skuad asuhan Alexandre Polking mampu keluar sebagai juara yang berhasil menaklukan Indonesia di partai final.

Baca Juga:
Kapten Filipina Tak Gentar Lawan Timnas Indonesia, Bawa-bawa soal Piala Dunia 2022

Menjelang Piala AFF 2022 ini, tim Gajah Perang baru saja menjalani pertandingan uji coba menghadapi Myanmar. Hasilnya Thailand menang telak dengan skor 6-0.

Komposisi serta pergantian pemain yang dilakukan Polking menjadi sorotan dalam pertandingan kemarin. Ada formasi dan penempatan pemain yang berbeda yakni pada striker Thailand, Adisak Kraisorn dan Teerasil Dangda.

Formasi para permain ini harus menjadi kewaspadaan bagi skuad Garuda. Mengingat formasi dan komposisi mereka cukup efektif untuk memetik hasil positif di laga uji coba. Formasi ini pun akan banyak digunakan saat menjamu lawannya di Piala AFF 2022.

Baca Juga:
Punya Badan Tinggi Besar, Momen Josko Gvardiol Tak Berkutik Dikocek Lionel Messi hingga Berujung Gol

"Dalam pertandingan ini kami mencoba memainkan striker ganda kearena sebelumnya tim kami punya Chanatip Songkrasin yang bermain di lini depan," kata Polking dilansir dari TNN Online, Rabu (14/12/2022).

Pelatih Timnas Thailand Alexandre Polking (kanan) memberi isyarat di samping pelatih Vietnam Park Hang-seo saat pertandingan leg kedua semifinal sepak bola Piala Suzuki AFF 2020 antara Vietnam dan Thailand di Stadion Nasional di Singapura pada 26 Desember 2021. Roslan RAHMAN / AFP

Tak adanya Chanatip Songkrasin, Thailand masih memiliki dua penyerang andalan. Sehingga formasi baru ini dicanangkan sebagai komposisi untuk Gajah Perang.

"Akan tetapi saat ini kami punya penyerang tengah seperti Adisak Kraisorn dan Teerasil Dangda. Keduanya melakukan tugas dengan baik. Itu bakal jadi opsi lain yang bisa jadi kita tampilkan di Kejuaraan Sepak Bola," terang Polking.

Thailand berambisi untuk kembali meraih juara kedua kalinya di kompetisi dua tahunan itu. Setelah menjadi kampiun Piala AFF 2020, Gajah Perang berkesempatan untuk meraih juara yang sama di tahun 2022.

Tak seperti Thailand, Timnas Indonesia memilih tak melakukan uji coba menuju Piala AFF 2022. Shin Tae-yong memilih untuk menguatkan fisik pemain serta mempertajam taktik bermain.

Indonesia memiliki jadwal pertandingan di Piala AFF 2022 menghadapi Kamboja di laga perdana. Keduanya dijadwalkan bertemu di Stadion GBK, 23 Desember 2022.

Selanjutnya, skuad Garuda akan bertolak ke Malaysia untuk menghadapi Brunei Darussalam pada 26 Desember 2022.

Load More