Gagah Radhitya Widiaseno
Gong Oh-Kyun, eks asisten Shin Tae-yong (Instagram/PSSI)

Bolatimes.com - Vietnam sudah tak berminat menggunakan jasa eks asisten Shin Tae-yong, Gong Oh-kyun. Apakah ini sinyal bagus untuk Timnas Indonesia?

Federasi sepak bola Vietnam (VFF) memutuskan untuk mengakhiri kontrak pelatih Timnas Vietnam U-23, Gong Oh-kyun.

Pria yang pernah menjadi asisten Shin Tae-yong tersebut akhirnya sudah tak lagi melatih Vietnam U-23 di masa datang.

Baca Juga:
Kontroversial, Momen Wasit Anulir Gol Matheus Pato ke Gawang PSS Sleman karena Dianggap Offside

Hal ini diungkapkan dalam laman VFF yang menyebutkan pemutusan kontrak Gong Oh-kyun.

“Berdasarkan orientasi Komite Tetap Komite Eksekutif tentang pemilihan pelatih kepala tim nasional dan nasional U-23, Federasi Sepakbola Vietnam dan perwakilan pelatih Gong Oh-kyunn melakukan diskusi terbuka tentang tujuan dan tugas di periode mendatang,” bunyi pernyataan VFF di laman resmi.

“Setelah mempertimbangkan berbagai faktor dengan cermat dan berdasarkan rencana kedua belah pihak, LDBDVN memutuskan untuk tidak melanjutkan kontrak dengan pelatih Gong Oh-kyun,” tambahnya.

Baca Juga:
Pernah Jelek-jelekan Pemain Indonesia, Eks Asisten Shin Tae-yong Kena Karma dan Dipecat Vietnam

Mantan asisten pelatih Timnas Indonesia, Gong Oh-kyun. [dok. PSSI]

Padahal sejatinya kontrak eks asisten Shin Tae-yong ini berakhir pada Maret 2023 mendatang. Tetapi VFF memutuskan lebih cepat dari yang diperkirakan.

Pihak LDBDVN selaku badan khusus di bawah VFF yang mengurus Timnas Vietnam ini mengucapkan banyak terima kasih atas jasa yang telah diberikan selama melatih Timnas Vietnam U-23.

“LDBDVN mengakui dan mengapresiasi kontribusi pelatih Gong Oh-kyunn saat mengambil alih tugas pelatih timnas U-23 sementara Coach Park Hang Seo fokus pada timnas untuk berlaga di Kualifikasi Piala Dunia dan Piala AFF. Dalam waktu singkat memimpin U23 nasional, pelatih Gong Oh-kyunn telah membuat kesan tertentu ketika dia dan murid-muridnya mencapai perempat final Kejuaraan AFC U-23 2022.,” lanjutnya.

Baca Juga:
Vietnam Bakal Simpan Kekuatan Lawan Filipina, Park Hang-seo Takut Diintai Timnas Indonesia?

“LDBDVN berterima kasih atas upaya dan rasa tanggung jawab pelatih Gong Oh-kyunn selama bertugas di tim nasional U-23 dan mendoakan kesuksesan pelatih Gong Oh-kyunn dalam pekerjaannya yang akan datang,” tutup keterangan VFF.

Apakah ini sinyal baik untuk Timnas Indonesia. Pasalnya, Vietnam U-23 tampil mengesankan di bawah nahkoda Gong Oh-kyunn.

Vietnam U-23 mampu mengimbangi tim kuat seperti Korea Selatan dengan skor 1-1. Tim Malaysia pun dibikin tak berdaya dengan tangan dingin Gong Oh-kyunn. Mereka takluk 2-0 saat babak penyisihan Grup C Piala Asia U-23 2022.

Load More