Muhammad Ilham Baktora
Suasana latihan Timnas Indonesia di Bali jelang Piala AFF 2022. (dok.PSSI)

Bolatimes.com - Pemain Timnas Indonesia dianggap memiliki lemak yang cukup tinggi mengingat tak pernah berlatih setelah Liga 1 Indonesia dihentikan sementara. Tak hanya itu, otot para pemain juga berkurang. Padahal dalam waktu dekat skuad Garuda akan berlaga di Piala AFF 2022.

Hal itu disampaikan pelatih Shin Tae-yong saat menggelar pemusatan latihan di Bali. Bagi pelatih asal Korea Selatan ini, kondisi tersebut bisa mempengaruhi performa pemain ketika bertanding.

"Jadi fokusnya kami memang berusaha untuk membuat penguatan dasar. Liga berhenti jadi semua pemain hampir sama. Jadi Lemak tinggi dan ototonya berkurang. Ini yang membuat pemain jadi menambah asa otot dan berkkurangnya lemak," kata Shin Tae-yong dikutip dari Youtube PSSI, Selasa (6/12/2022).

Baca Juga:
Profil Dominik Livakovic, Kiper 27 Tahun Milik Kroasia yang Jadi Mimpi Buruk Jepang di Piala Dunia 2022

Shin Tae-yong menyebut untuk menstabilkan dua hal itu, pihaknya sudah mengatur jadwal. Pagi hari wajib masuk ke pusat kebugaran untuk berlatih beban. Sementara saat siang-sore dijadwalkan berlari.

"Sejauh ini intensitas latihan sangat tinggi. Program latihan Timnas Indonesia juga lancar. Jadi para pemain mengikuti latihan dengan baik," katanya menambahkan.

Meski sudah memiliki strategi untuk menurunkan lemak serta menambah massa otot, bergulirnya Liga 1 Desember ini diharapkan mempengaruhi performa skuad Garuda lebih baik lagi.

Baca Juga:
Hasil Piala Dunia 2022: Jepang Kalah Adu Penalti, Kroasia Berhasil Melaju ke Perempat Final

"Memang dengan adanya masalah kemarin , liga tak bisa ikut bergulir. Tetapi pemain harus tetap bermain agar mereka bisa meningkatkan performa masing-masing. Kosepnya mirip, liga berkembang, agar timnas ikut berkembang," kata dia.

Timnas Indonesia sendiri telah memanggil 28 pemain untuk melakukan TC menghadapi Piala AFF 2022. Terdapat nama-nama pemain yang aboard di luar negeri.

Dalam kesempatan itu, Indonesia berada di Grup A, bersama dengan Kamboja, Thailand, Filipina dan Brunei Darussalam. Skuad Garuda akan melakoni laga perdananya pada 26 Desember, menghadapai Brunei Darussalam yang digelar di Stadion KLFA, Malaysia.

Baca Juga:
Nasib Modric di Timnas Kroasia Dipertanyakan, Pelatih Zlatko Dalic Bilang Begini

Load More