Muhammad Ilham Baktora
Potret kiper Kroasia, Dominik Livakovic saat menggagalkan tendangan penalti pemain Jepang di babak 16 besar di Piala Dunia 2022, Senin (5/12/2022). (Twitter/@Box2BoxBola)

Bolatimes.com - Kroasia dipastikan lolos ke perempat final atau 8 besar Piala Dunia 2022 setelah menang dari Jepang di babak adu penalti dengan skor 1-3, Senin (5/12/2022). Kiper 27 tahun, Dominik Livakovic menjadi pahlawan kemenangan setelah berhasil menepis tendangan tiga eksekutor Jepang di babak penalti.

Kedua tim sempat bermain imbang 1-1 waktu normal, meski wasit memberikan perpanjangan waktu extra time, gol tak kunjung tercipta hingga berakhir di babak adu penalti.

Kemenangan Kroasia di babak adu penalti membuat penonton berdecak kagum. Bagaimana tidak, empat percobaan tendangan penalti dari pemain Samurai Biru, tiga diantaranya berhasil ditepis.

Baca Juga:
Nasib Modric di Timnas Kroasia Dipertanyakan, Pelatih Zlatko Dalic Bilang Begini

Profil Dominik Livakovic

Kiper yang lahir di Zadar, Kroasia ini mengawali karier sebagai kiper di klub Kroasia, NK Zadar U-17 pada 2010 lalu. Memiliki performa sebagai penjaga gawang yang baik, Livakovic mulai dilirik NK Zagreb U-19 pada Juli 2012.

Kemampuannya semakin berkembang hingga masuk ke tim inti NK Zagreb di tahun yang sama. Lalu 3 tahun berselang, Dinamo Zagreb melihat potensi besar Livakovic. Ia dibeli dan resmi pindah pada 31 Agustus 2015.

Baca Juga:
Sandy Walsh Tunjukkan Adaptasi Cepat di TC Timnas Indonesia, Bisa Langsung Nyetel?

Meski berstatus sebagai pemain Dinamo Zagreb, Livakovic masih sering bermain di NK Zagreb dengan status pinjaman.

Livakovic mengemas catatan yang cukup baik selama berkompetisi di Piala Dunia 2022, Livakovic tercatat sudah 4 kali bermain. Dari pertandingan itu ia mengemas clean sheet sebanyak 2 kali. Dan kebobolan satu kali.

Livakovic menjadi mimpi buruk Timnas Jepang yang berambisi lolos ke perempat final. Kelihaiannya membaca arah bola saat berhadapan di babak adu penalti berhasil menepis tiga gol pemain Samurai Biru.

Baca Juga:
Jelang Hadapi Kroasia di Piala Dunia 2022, Pelatih Jepang Siap Bermain hingga Adu Penalti

Kemenangan Kroasia vs Jepang dengan skor 1-3 di babak adu penalti membawa skuad Vatreni melaju ke perempat final. Pertandingan tersebut dijadwalkan pada Rabu (14/12/2022).

Load More