Rauhanda Riyantama | Adie Prasetyo Nugraha
Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan alias Iwan Bule (tengah) bersama Sandy Walsh dan Jordi Amat yang akan menjalani sumpah WNI di Kantor Wilayah Kemenkumham, Jakarta, Kamis (17/11/2022) siang. [Suara.com/Adie Prasetyo Nugraha]

Bolatimes.com - Sandy Walsh dan Jordi Amat akhirnya resmi menjadi warga negara Indonesia (WNI). Dua pemai keturunan itu telah menjalani sumpah dan janji setia di setia di Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Ham (Kemenkumham), Jakarta, Kamis (17/11/2022).

Sandy yang punya darah Belanda serta Jordi Amat yang memiliki darah Spanyol, resmi disumpah sebagai WNI sekitar pukul 13.30 WIB. Mereka kini sudah bisa membela Timnas Indonesia.

Sandy dan Jordi datang ke Kanwil Kemenkumham Jakarta dengan mengenakan setelan jas hitam dan dasi merah. Tak lupa, keduanya juga memakai peci hitam.

Baca Juga:
DPR RI Resmi Setujui Proses Naturalisasi Shayne Pattynama, Siap Susul Jordi Amat dan Sandy Walsh Nih

Rombongan PSSI bersama Jordi Amat dan Sandy Walsh tiba di Gedung Kanwil Kemenkumham, Jakarta sekitar pukul 12.36 WIB. Mereka datang beriringan dengan Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan.

"Semoga di Piala AFF nanti, semoga kita mendengarkan saudara berdua mengumandangkan lagu Indonesia Raya untuk [dalam] kemenangan Timnas Indonesia," kata Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham, Ibnu Chuldun dikutip melalui siaran YouTube kanal Kanwil Kemenkumham Jakarta, Kamis (17/11/2022).

Sebelum resmi menjadi WNI, Sandy Walsh dan Jordi Amat telah menjalani serangkaian tahap panjang. Hal itu diawali wawancara dengan Badan Intelejen Negara (BIN).

Baca Juga:
Park Hang-seo Full Senyum, Timnas Vietnam Dapat Kabar Baik Jelang Piala AFF 2022

Setelahnya, kedua pemain menjalani tes kesehatan di sebuah rumah sakit di Jakarta. Lalu, Sandy dan Jordi mendapat rekomendasi dari Komisi III dan Komisi X DPR RI.

Proses itu kemudian berlanjut di mana Sandy dan Jordi mendapat Surat Keputusan Presiden RI telah ditandatangani oleh Joko Widodo pada 9 November 2022.

Sandy Walsh dan Jordi Amat kini diprediski jalani debut bersama Timnas Indonesia di Piala AFF 2022. Keduanya diharapkan bisa tampil dan membawa skuat Garuda meraih juara.

Baca Juga:
Shin Tae-yong Bakal Tugaskan Asisten untuk Latih Timnas Senior Sebelum Kembali ke Indonesia

Load More