Rauhanda Riyantama
Selebrasi Dimas Drajad bersama rekan setim usai cetak gol saat Timnas Indonesia kalahkan Curacao 3-2. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Sampai sejauh ini, hanya ada delapan negara yang pernah menjuarai ajang Piala Dunia. Menariknya, salah satu negara tersebut pernah ditumbangkan timnas Indonesia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

Salah satu momen yang patut dikenang itu terjadi ketika timnas Indonesia menggelar pertandingan persahabatan internasional melawan negara yang sudah dua kali meraih trofi Piala Dunia, yakni timnas Uruguay.

Peristiwa bersejarah itu terjadi ketika timnas Indonesia dan Uruguay berduel di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, pada 21 April 1974.

Baca Juga:
Rencana Thomas Doll untuk Persija Jakarta, Bakal Cari Lawan Uji Coba dengan Tim Liga 1

Ketika itu, skuad Merah Putih memang diperkuat sederet pesepak bola legendaris di Indonesia seperti Ronny Pattinasarany, Sultan Harhara, Abdul Kadir, Ronny Pasla, Anjas Asmara, dan lain-lain.

Setelah berjibaku sepanjang pertandingan, timnas Indonesia akhirnya berhasil menundukkan peraih gelar Piala Dunia edisi 1930 dan 1950 itu dengan skor tipis 2-1.

Kemenangan ini tentu terasa sangat spesial jika melihat rekam jejak timnas Uruguay yang menjadi salah satu negara elite di dunia. Sebab, selain dua kali juara, mereka juga tercatat sebagai tim terbanyak kedelapan yang paling sering berpartisipasi di Piala Dunia.

Baca Juga:
Erick Thohir Jadi Sorotan Media Italia, Disebut Silvio Berlusconi-nya Indonesia

Namun, beberapa hari berselang dari pertandingan bersejarah itu, timnas Indonesia akhirnya harus tumbang dengan skor 2-3 dari Uruguay ketika berjumpa pada pertemuan kedua.

Pertemuan Era Modern

Sebetulnya, timnas Indonesia juga pernah kembali menjajal kekuatan timnas Uruguay ketika era modern. Momen itu tepatnya terjadi pada medio OKtober 2010.

Baca Juga:
Hafal Lagu Indonesia Raya, Sandy Walsh Jadi Sorotan Media Malaysia

Ketika itu, timnas Indonesia menggelar laga persahabatan internasional melawan Uruguay di lokasi yang sama, yakni Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), tepatnya pada 8 Oktober 2010.

Saat itu, skuad Merah Putih sebetulnya sempat unggul terlebih dahulu melalui gol yang dicetak Boaz Solossa pada menit ke-18. Namun, itu menjadi gol pertama dan satu-satunya timnas Indonesia ke gawang Uruguay.

Bahkan, Uruguay yang saat itu turut diperkuat oleh Luis Suarez sukses pesta gol seusai tujuh kali membobol gawang yang dikawal oleh Markus Horison.

Baca Juga:
5 Fakta Menarik Al Rihla, Bola Piala Dunia 2022 yang Diproduksi di Indonesia

Tercatat, tujuh gol tersebut dicetak oleh Edinson Cavani (35’, 80’, dan 84’), Luis Suarez (43, 55’, dan 70’), dan satu lainnya disumbangkan Eguren.

Kontributor: Muh Adif Setyawan
Load More