Gagah Radhitya Widiaseno
Sandy Walsh cetak gol kemenangan KV Mechelen 4-1 atas Kortrijk (Instagram)

Bolatimes.com - Calon pemain naturalisasi Timnas Indonesia, Sandy Walsh memberikan kode bakal tampil di Piala AFF 2022.

Bek Belanda keturunan Indonesia ini mengungkapkan kala menjalani wawancara di salah satu media Belgia.

Ia berujar kalau selangkah lagi menjadi WNI dan hanya harus bersumpak ke Presiden RI, Joko Widodo.

Baca Juga:
Juara Malaysia International Series 2022, Syabda Perkasa Bongkar Kunci Kalahkan Wakil China

“Saya hanya harus bersumpah kepada Presiden (Joko Widodo) untuk mendapatkan paspor saya, itu direncanakan untuk bulan ini,” kata Walsh dilansir Gazet Van Antwerpen.

Ia menambahkan jika dirinya ingin tampil di Piala AFF pada Desember 2022 mendatang.

“Saya sangat menantikan itu (pengambilan sumpah WNI), pada akhir Desember, akan ada Piala AFF, Indonesia tahun lalu menempati urutan kedua, kali ini mereka ingin menang,” ujar Walsh.

Baca Juga:
Media Arab Saudi Soroti Timnas Indonesia U-20 Usai Laga Uji Coba Lawan Al-Adalah FC

Sebelumnya, Menpora Zainudin Amali juga memberikan sinyal jika Surat Keputusan Presiden (Keppres) terkait naturalisasi Sandy Walsh dan Jordi Amat sudah ditandatangani Presiden Joko Widodo.

Selanjutnya, keduanya hanya perlu disumpah untuk resmi menjadi WNI.

Jordi Amat (layar bagian bawah) dan Sandy Walsh (layar sebelah kiri) mengikuti rapat kerja antara Komisi III DPR dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga, Kementerian Hukum dan HAM, serta PSSI di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (29/8/2022). [ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra]

"Tadi ada informasi yang baru saya terima bahwa kita sudah menerima Keppres tentang Jordi Amat dan Sandi Walsh, itu sudah ditandatangani tinggal proses sumpahnya saja," kata Amali di Gedung Kemenpora, Rabu (9/11/2022).

Baca Juga:
Menuju Piala Dunia U-20 2023, Kapten Timnas Indonesia U-20 Bongkar Kelemahan Utama Skuadnya

"Jadi untuk Jordi dan Sandi Insya Allah kalau sudah ada itu (keppres) dan persyaratan lain yang harus dipenuhi, tapi keppresnya sudah keluar," pungkasnya.

Tentunya, jika Sandy Walsh bergabung di Piala AFF 2022, pertahanan Timnas Indonesia semakin kokoh. Apalagi jika proses naturalisasi Jordi Amat, Shayne Pattynama juga bisa rampung sebelum Piala AFF 2022 dimulai, lini pertahanan semakin garang.

Load More