Arif Budi Setyanto
Sandy Walsh dan Jordi Amat mulai latihan bersama timnas Indonesia di Stadion Sidolig, Jumat (27/5/2022) sore WIB. [PSSI]

Bolatimes.com - Media Vietnam menyoroti proses naturalisasi yang dijalani oleh Jordi Amat dan Sandy Walsh. Mereka bahkan menyebut Indonesia aneh karena mewacanakan sumpah WNI secara daring.

Naturalisasi Jordi Amat dan Sandy Walsh sudah memasuki tahap akhir. Berkas keduanya dikabarkan telah ditandatangani oleh Presiden.

Artinya dua pemain keturunan ini tinggal menunggu sumpah WNI agar bisa membela timnas Indonesia. Akan tetapi, di tengah kompetisi yang masih berlangsung, proses itu bakal dilakukan secara daring.

Baca Juga:
Demi Kesembuhan Sadio Mane untuk Piala Dunia 2022, Senegal Akan Pakai Dukun

Proses tersebut lantas disorot oleh media Vietnam. Mereka menyebut Indonesia aneh dan terlalu berhasrat mengejar naturalisasi ini jelang Piala AFF 2022.

"Bertekad untuk menjadi raja Asia Tenggara, Indonesia melakukan sesuatu yang aneh yang belum pernah terjadi dalam sejarah," tulis laporan The Thao247 disadur pada Jumat (11/11/2022).

"Kedua pemain ini masih terlibat dalam jadwal klub. Dengan demikian, kemungkinan besar sumpah WNI akan dilakukan secara online," imbuh laporan media Vietnam.

Baca Juga:
Daftar Resmi Pemain Timnas Portugal di Piala Dunia 2022: Tak Ada Renato Sanches, Cristiano Ronaldo Jadi Tumpuan

Adapun terkait sumpah WNI secara daring sempat disinggung oleh Menpora Zainudin Amali. Ia mengatakan belum mengetahui tentang aturan atau persyaratan sumpah WNI tersebut.

"Saya tidak tahu tentang aturan sumpah karena itu bukan di bawah kendali saya. Karena turnamen domestik masih berlangsung, saya pikir sulit bagi mereka untuk meninggalkan klub untuk menghadiri upacara pelantikan," ucap Amali.

Adapun timnas Indonesia memang mengebut naturalisasi Jordi Amat dan Sandy Walsh. Keduanya diharapkan bisa membela skuad Garuda di Piala AFF 2022.

Baca Juga:
Daftar Resmi Pemain Timnas Jerman di Piala Dunia 2022: Ada Mario Gotze dan Pemain 17 Tahun

Kini timnas Indonesia berpacu dengan waktu agar prosesnya selesai tepat waktu. Jika tidak, maka kedua pemain ini terpaksa harus absen.

Baca Juga:
5 Negara dengan Penampilan Terbanyak di Piala Dunia, Ada yang Cuma Jadi Penonton di Edisi 2022

Load More