Gagah Radhitya Widiaseno
Shayne Pattynama saat membela Viking FK di pertandingan playoff UEFA Conference League. (Instagram/s.pattynama)

Bolatimes.com - Shayne Pattynama memang sudah mendapatkan restu untuk menjadi Warga negara Indonesia (WNI) oleh DPR RI dalam rapat Komisi X DPR. Lalu berapa lama sih proses naturalisasi Shayne Pattynama hingga sah menjadi WNI?

Shayne Pattynama bakal menyusul Jordi Amat dan Sandy Walsh yang telah mengantongi persetujuan alih kewarganegaraan sebelumnya dan kini proses naturalisasinya menuju tahap akhir.

Kabar ini sekaligus menjadi penantian panjang Shayne yang terus melempar kode ingin membela Timnas Merah Putih. Dikabarkan bahwa Shayne diminta langsung oleh Shin Tae-yong untuk dinaturalisasi.

Baca Juga:
Momen Gol Ciamik Witan Sulaeman, Bikin 2 Pemain Lawan Tak Berdaya

Dalam raker Komisi X DPR RI itu, Shayne Pattynama juga hadir via daring. Ia mengaku sudah tak sabar untuk membela skuad Garuda.

"Terima kasih banyak. Saya antusias dengan masa depan sepak bola Indonesia, saya ingin berkontribusi untuk timnas Indonesia," ucap Pattynama.

Shayne Pattynama (Instagram/s.pattynama)

Usai mendapatkan restu, lalu berapa lama waktu yang diperlukan untuk sah menjadi WNI? Menpora Zainudin Amali pun memberikan jawabannya.

Baca Juga:
Masih Abu-abu, Menpora Sebut Belum Ada Tanda-tanda Liga 1 2022/2023 Berlanjut

Terkait proses kewarganegaraan Shayne Elian Jay Pattynama, Menpora Amali meyakini prosesnya akan cepat sepanjang persyaratan administrasinya terpenuhi dan lengkap.

“Proses itu akan cepat sepanjang persyaratan administrasi terpenuhi, kalau persyaratan administrasi terpenuhi maka Keppres akan cepat keluar,” ujarnya dalam laman resmi Menpora.

Jika prosesnya selesai pada akhir bulan November ini, besar kemungkinan Shayne bisa bergabung ke Timnas Indonesia dalam persiapan Piala AFF 2022.

Baca Juga:
Menang Lawan Antalyaspor U-20, Shin Tae-yong Bongkar Kekurangan Timnas Indonesia U-20

Piala AFF 2022 ini digelar mulai 20 Desember 2022 hingga 16 Januari 2023. Timnas Indonesia sendiri tergabung dalam grup A bersama Thailand, Filipina, Kamboja, dan Brunei Darussalam.

Load More