Arif Budi Setyanto
Potret pemain Timnas Indonesia U-19 bersama suporter usai lolos ke Piala Asia U-20 2023. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Media Malaysia terkesan dengan target timnas Indonesia U-19 di Piala Asia U-20 2023. Garuda Nusantara diharapkan bisa lolos dari fase grup, meski tergabung dari tim tuan rumah Uzbekistan.

Timnas Indonesia U-19 berhasil lolos ke Piala Asia U-20 2023 sebagai juara Grup F dalam kualifikasi. Ini membuat skuad asuhan Shin Tae-yong berada di pot 2 dalam drawing.

Meski berada di pot 2, timnas Indonesia U-19 masih masuk dalam grup yang berat. Garuda Nusantara dikepung oleh Uzbekistan, Irak, dan Suriah.

Baca Juga:
Jadwal Liga Inggris Malam Ini: Ada Arsenal vs Nottingham Forest dan Manchester United vs West Ham

Melihat hasil undian tersebut, Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri, berharap pelatih Shin Tae-yong bisa menyamai prestasinya kala menjadi pelatih pada 2018, yakni setidaknya membawa skuadnya lolos fase grup Piala Asia U-20 2023.

"Kita harus sama-sama yakin timnas bisa lolos grup, sama seperti pencapaian tim U-20 Indonesia pada tahun 2018 lalu," ujar Indra dalam laman PSSI, Rabu.

Pernyataan Indra Sjafri ini disorot oleh media Malaysia. Mereka menganggap timnas Indonesia U-19 sangat ambisius di Piala Asia U-20 2023.

Baca Juga:
5 Pemain yang Moncer di Timnas tapi Loyo di Klub, Nomor 4 Persembahkan Gelar Juara Dunia

Timnas Indonesia U-119 vs Turki U-20 di laga uji coba. (Instagram/@pssi)

"Indonesia targetkan perempat di turnamen Piala Asia U-20 2023," tulis laporan semuanyabola.com disadur pada Minggu (30/10/2022).

Media dari Negeri Jiran itu menilai ambisi Garuda Nusantara bukan angan-angan semata. Sebab, Shin Tae-yong kini sedang menggodok pemain dalam TC di Eropa.

"Skuad Indonesia kini sedang berlatih dalam persiapan mereka untuk dua turnamen besar di tahun depan dan menjalani TC di Turki serta Spanyol. Mereka punya misi tampil lebih baik di Piala Asia U-20 2023 dan Piala Dunia U-20 2023," imbuh laporan itu.

Baca Juga:
Media Vietnam Girang Soroti Timnas Indonesia yang Bisa Gagal Diperkuat 2 Pemain Keturunan di Piala AFF 2022

Media Malaysia sendiri hanya bisa menyoroti timnas Indonesia U-19 di Piala Asia U-20. Sebab, tim junior Harimau Malaya gagal lolos dari kualifikasi.

Bukan hanya itu, Thailand juga gagal lolos berpartisipasi. Hanya ada dua negara dari Asia Tenggara yang bakal bertanding di Uzbekistan nantinya, yaitu timnas Indonesia U-19 serta Vietnam.

Baca Juga:
Hasil Liga Italia Semalam: Inter Milan dan Napoli Pesta Gol, Juventus Susah Payah Raih Kemenangan

Load More