Arif Budi Setyanto
Timnas Indonesia mengalahkan Malaysia 4-1 pada laga Piala AFF 2020 di National Stadium, Singapura, Minggu (19/12/2021) malam WIB. [Twitter resmi Piala AFF]

Bolatimes.com - Timnas Malaysia menatap Piala AFF 2022 dengan serius. Skuad asuhan Kim Pan-gon telah dijadwalkan menghadapi dua negara untuk melakukan laga uji coba.

Sebagaimana diketahui, Malaysia masuk ke Grup B Piala AFF 2022 bersama Vietnam, Myanmar, Laos, dan Singapura. Sistem turnamen kali ini berbeda dengan yang sebelumnya.

Di Piala AFF 2022, setiap peserta punya jatah dua kali bermain kandang, dan harus tandang dalam dua pertandingan juga. Malaysia sudah mengumumkan venue mereka ketika tampil home.

Baca Juga:
Hasil Liga Italia Semalam: Inter Milan dan Napoli Pesta Gol, Juventus Susah Payah Raih Kemenangan

Skuad Harimau Malaya akan memakai Stadion Nasional Bukit Jalil untuk menghadapi Laos dan Singapura. Kemudian mereka bakal tandang ke markas Vietnam serta Myanmar

"Persatuan Sepak Bola Malaysia (FAM) hari ini resmi mengumumkan Stadion Nasional Bukit Jalil sebagai gelanggang bagi skuad Harimau Malaya asuhan Kim Pan-gon di turnamen Piala AFF 2022," tulis laporan yang disadur dari fam.org.my pada Minggu (30/10/2022).

Bukan hanya itu, FAM juga mengumumkan bahwa Malaysia dijadwalkan dua kali berlatih tanding sebelum Piala AFF 2022. Tentu hal ini bagus untuk Kim Pan-gon menerapkan strateginya.

Baca Juga:
Hasil Liga Spanyol Semalam: Barcelona Rebut Puncak Klasemen, Atletico Madrid Tumbang dari Tim Zona Degradasi

Menariknya dari lawan Malaysia tersebut, ada satu negara yang menjadi rival timnas Indonesia di fase grup, yaitu Kamboja (9 Desember). Kemudian lawan terakhir sebelum benar-benar ke Piala AFF 2022 menghadapi Maldives (14 Desember).

Melihat lawan Malaysia tersebut, timnas Indonesia patut diuntungkan. Pasalnya skuad Garuda juga akan melawan Kamboja, bedanya di fase grup Piala AFF 2022.

Pertandingan Malaysia menghadapi Kamboja bisa saja ditonton oleh Shin Tae-yong untuk mengetahui kelemahan Kamboja yang tergabung di grup A bersama Thailand, Filipina, hingga pemenang antara Brunei Darussalam vs Timor Leste.

Baca Juga:
Hasil Liga Inggris Semalam: Liverpool Tumbang di Anfield, Chelsea Dihajar Mantan Klub Sang Pelatih Brighton

Meski tidak secara langsung, Malaysia membantu timnas Indonesia jelang Piala AFF 2022. Apalagi Shin Tae-yong akan sibuk karena saat ini sedang fokus bersama tim U-19 yang menjalani TC di Eropa sebagai persiapan Piala Asia U-20 2023 dan Piala Dunia U-20 2023.

Load More