Rauhanda Riyantama
Pemain Timnas Indonesia U-19 berpose sebelum berlaga melawan Filipina U-19 dalam laga penyisihan Grup A Piala AFF U-19 2022 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Jumat (8/7/2022). (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/aww)

Bolatimes.com - Mengintip peluang yang dimiliki Timnas Indonesia U-19 untuk melangkah ke perempatfinal Piala Asia U-20 2023 usai melakoni tergabung di grup A.

Sebagaimana diketahui, belum lama ini AFC menggelar proses drawing untuk fase grup Piala Asia U-20 2023, Rabu (26/10) siang WIB.

Timnas Indonesia U-19 yang berhasil menembus putaran final sebagai juara grup fase kualifikasi, berada di pot 2 dalam proses Drawing tersebut.

Baca Juga:
Media Vietnam Ketar-ketir Timnasnya Masuk Grup Neraka di Piala Asia U-20 2023

Saat drawing dilaksanakan, tim arahan Shin Tae-yong ini kemudian terpilih untuk bergabung dengan grup A dari empat grup yang ada.

Di grup A sendiri, Timnas Indonesia U-19 akan menghadapi lawan cukup tangguh, yakni tuan rumah Piala Asia U-20 2023, Uzbekistan, Irak, dan Syria.

Hasil drawing ini sejatinya cukup menguntungkan bagi Timnas Indonesia U-19. Apalagi jika membandingkan dengan hasil yang didapat rivalnya, Vietnam.

Baca Juga:
Menilik Prestasi Lawan Timnas Indonesia U-19 di Grup A Piala Asia U-20 2023, Irak Paling Sukses

Vietnam secara nahas tergabung di grup neraka, yakni grup B, bersama dengan tim-tim kuat Asia seperti Qatar, Australia, dan Iran.

Meski tergabung di grup relatif aman, bagaimana kans Timnas Indonesia U-19 untuk lolos dari babak grup dan menembus perempat final Piala Asia U-20 2023?

Kans Timnas Indonesia U-19

Baca Juga:
Pertandingan Uji Coba Timnas Indonesia U-19 vs Turki U-20 Tak Disiarkan Langsung

Sebagai permulaan, di Piala Asia U-20 2023 ini ada 16 negara yang terbagi dalam empat grup, yakni grup A, grup B, grup C, dan grup D.

Nantinya di empat grup itu, setiap negara akan melakoni tiga pertandingan melawan tiga tim lainnya yang ada dalam grup masing-masing.

Dari total tiga pertandingan di fase grup itu, nantinya hanya juara dan Runner Up grup saja yang berhak melangkah ke babak perempatfinal.

Baca Juga:
Top! Berikut Deretan Rekor yang Berhasil Dipecahkan Lionel Messi usai Laga Kontra Maccabi Haifa

Melihat aturan ini, kans Timnas Indonesia U-19 bisa dibilang sangat terbuka untuk melaju ke perempatfinal, setidaknya melalui jalur Runner Up grup.

Sebab, dari grup A sendiri hanya ada Uzbekistan dan Irak yang punya sejarah panjang di ajang Piala Asia U-20 sejak pertama kali digelar.

Hanya saja, Irak yang punya catatan panjang di Piala Asia U-20 belakangan mulai melempem karena langkahnya sempat terhenti di fase grup.

Apalagi, Irak lolos ke Piala Asia U-20 2023 dengan lewat jalur Runner Up grup terbaik. Jadi, Timnas Indonesia U-19 bisa memanfaatkan kondisi ini.

Mengingat Timnas Indonesia U-19 akan melakoni dua laga pertama melawan Irak dan Syria, maka skuad Garuda Nusantara harus bisa meraih poin di dua laga awal ini.

Melawan Irak, Timnas Indonesia U-19 bisa memanfaatkan hasil seri atau meraih kemenangan dan kemudian diwajibkan menang atas Syria agar membuka jalan lolos melalui Runner Up grup.

Di laga terakhir melawan Uzbekistan, Timnas Indonesia U-20 bisa mengincar maksimal hasil imbang dan berharap Irak tergelincir kala melawan Syria di laga pamungkas.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More