Rauhanda Riyantama
Presiden FIFA Datangi Istana, Jokowi Pastikan Piala Dunia U20 pada 2023 Tetap Digelar di Indonesia. (Suara.com/Ria Rizki)

Bolatimes.com - Presiden Joko Widodo baru saja bertemu dengan Presiden FIFA Gianni Infantino di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (18/10/2022). Salah satu yang dibahas adalah terkait status Indonesia jadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023.

Jokowi dengan tegas memastikan bahwa Piala Dunia U-20 2023 tetap berlangsung di Indonesia. Ia juga menggaransi gelaran tersebut bakal berlangsung dengan baik.

"Pemerintah bersama FIFA juga bersepakat untuk memastikan pertandingan Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia dapat berjalan baik," kata Jokowi dalam pernyataan persnya.

Baca Juga:
Cetak Gol Spektakuler, Pemain Keturunan Indonesia Idaman Shin Tae-yong Masuk Best Starting XI Serie B Italia

Jokowi berpesan kalau semua persiapan hingga pelaksanaannya harus dipastikan berjalan sesuai dengan standar yang ditetapkan FIFA. Ia juga mau kalau pelaksanaan Piala Dunia U-20 2023 ditangani secara baik serta profesional.

Selain penyelenggaraan Piala Dunia U20 FIFA, Jokowi dan Gianni juga membahas perihal Tragedi Stadion Kanjuruhan yang menewaskan 132 orang pada beberapa waktu lalu.

Keduanya bersepakat kalau tragedi pasca pertandingan Arema Malang FC vs Persebaya Surabaya itu menjadi pelajaran yang sangat penting bagi persepakbolaan Indonesia dan dunia. Ia tidak mau tragedi itu terulang kembali.

Baca Juga:
Tak Bisa Asal Mulai, Penyelenggara Liga 1 akan Diberi Pelatihan Khusus oleh PSSI

"Jangan sampai kejadian ini terulang kembali jangan sampai kegembiraan penonton pertandingan sepak bola berujung pada duka dan malapetaka," tuturnya.

Oleh sebab itu, keduanya bersepakat untuk melakukan transformasi sepak bola Indonesia secara menyeluruh. Pemerintah Indonesia dan FIFA bakal memastikan seluruh aspek pertandingan berjalan sesuai dengan standar keamanan yang ditetapkan oleh FIFA baik pemain maupun penonton harus terjamin keamanan dan keselamatannya.

Bukan hanya itu, kedua belah pihak juga bersepakat akan melakukan kajian ulang terhadap seluruh pemangku kepentingan persepak bolaan Indonesia.

Baca Juga:
Alexia Putellas Tak Menyangka Sabet Ballon d'Or Wanita 2022

"Kita jadikan kesepakatan ini sebagai momentum perbaikan sistem persepak bolaan Indonesia agar sepakbola Indonesia menjadi kebanggaan nasional dan tampil lebih baik lagi di masa yang akan datang," tegas Jokowi.

(Suara.com/Ria Rizki Nirmala)

Baca Juga:
Penuh Canda Tawa, Intip Momen Pertemuan Jokowi dengan Presiden FIFA Gianni Infantino di Istana Merdeka

Load More