Arif Budi Setyanto
Potret Stadion Gelora Bung Tomo yang masuk jadi calon venue Piala Dunia U-20 2023. (Instagram/gelorabungtomo)

Bolatimes.com - Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya akan menjadi salah satu venue untuk Piala Dunia U-20 2023 mendatang. Hal itu dikonfirmasi oleh Menpora Zainudin Amali.

"Sebab federasi sepak bola dunia FIFA telah menunjuk Stadion GBT sebagai salah satu venue atau tempat penyelenggaraan putaran final Piala Dunia U-20 tahun 2023," ucapnya kepada wartawan usai melakukan inspeksi di Stadion GBT Surabaya, Sabtu (15/10/2022) malam WIB.

Ditunjuknya Stadion GBT menjadi venue untuk Piala Dunia U-20 2023 lantas disindir oleh media Vietnam. Mereka menyebutkan bahwa stadion ini lokasinya berada di dekat pembuangan sampah.

Baca Juga:
Phil Foden Bobol Gawang Liverpool tapi Dianulir VAR, Begini Komentar Pep Guardiola

"Indonesia masih gelar Piala Dunia U-20 di lapangan dekat tempat pembuangan sampah yang pernah bikin Vietnam U-20 buta," tulis laporan Soha.vn disadur pada Senin (17/10/2022).

"Stadion GBT terletak di dekat pembuangan sampah skala besar. Bau busuk dari TPA ini sempat membuat Vietnam dan tim tidak nyaman saat datang di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023," lanjut laporan tersebut.

Aksi Hokky Caraka saat Timnas Indonesia U-19 kalahkan Vietnam 3-2 untuk lolos ke PIala Asia U-20 2023. (Dok: VFF)

Memang Vietnam mengalami kekalahan dari timnas Indonesia U-19 di Kualifikasi Piala Asia U-20 lalu. Namun, sang pelatih tidak ada komplain sama sekali soal bau di Stadion GBT, sehingga hal itu terkesan menjadi alasan media Vietnam saja.

Baca Juga:
Liverpool Taklukkan Manchester City, Berikut Klasemen Terbaru Liga Inggris

Di sisi lain, lokasi Stadion GBT yang bersebelahan dengan tempat pembuangan akhir (TPA) sampah, diakui Menpora sempat dikhawatirkan menjadi kendala untuk disetujui oleh FIFA sebagai venue putaran final Piala Dunia U-20.

"Saya sengaja datang sore ke GBT karena informasinya pada jam segini muncul aroma yang kurang bagus. Ternyata sudah beberapa jam saya di sini aman-aman saja. Berarti penanganan Wali Kota dan teman-teman di Pemerintah Kota Surabaya sangat serius sehingga kita tidak merasakan aroma apapun," ujarnya.

Secara keseluruhan, Menpora Zainudin menilai Stadion GBT sudah siap digunakan sebagai venue putaran final Piala Dunia u-20 tahun depan.

Baca Juga:
Hasil Liga Spanyol Semalam: Napoli Kokoh di Puncak Klasemen usai Hajar Bologna, Inter dan AC Milan Menang

"Hanya masih ada catatan kecil yang harus diperbaiki, salah satunya kualitas rumput di lapangan Stadion GBT yang belum standar FIFA," tandasnya.

Load More