Rauhanda Riyantama
Penyerang Manchester City, Phil Foden sempat cetak gol ke gawang Liverpool tapi dianulir VAR. (AFP)

Bolatimes.com - Manchester City sejatinya berhasil membobol gawang Liverpool berkat aksi Phil Foden saat kalah 0-1 di Anfield pada pekan ke-11 Liga Inggris 2022/2023, Minggu (16/10/2022) malam WIB. Namun gol tersebut dianulis VAR sehingga membuat Pep Guardiola murka.

Duel Liverpool vs Manchester City di Anfield itu pada akhirnya rampung dengan skor 1-0 untuk kemenangan tuan rumah yang mencetak gol lewat Mohamed Salah pada menit ke-76.

Sebelum kebobolan, Manchester City yang tampil menggunakan sistem tiga bek, mampu membuka keunggulan lebih dulu pada menit ke-53 lewat Phil Foden.

Baca Juga:
Hasil Liga Spanyol Semalam: Hajar Barcelona di El Clasico, Real Madrid Kokoh di Puncak Klasemen

Gol itu berawal dari Erling Haaland yang menekang Fabinho hingga bola berhasil dikuasai Bernardo Silva. Gelandang Portugal itu kemudian memberikan umpan kepada Kevin De Bruyne.

De Bruyne dengan apik melepaskan umpan mendatar ke dalam kotak penalti ke arah Erling Haaland. Namun, kiper Liverpool Alisson Becker mampu menjangkau bola hingga Haaland terjungkal keluar lapangan.

Bola liar kemudian jatuh ke kaki Phil Foden yang dengan cepat langsung melepaskan tembakkan keras yang mengenai kaki pemain Liverpool tetapi tetap berhasil masuk ke dalam gawang.

Baca Juga:
Hasil Liga Spanyol Semalam: Napoli Kokoh di Puncak Klasemen usai Hajar Bologna, Inter dan AC Milan Menang

Para pemain Man City sudah berhamburan untuk merayakan gol sebelum wasit melakukan intervensi dengan menunjukkan gestur meninjau lewat video assistant referee (VAR).

VAR pun menganggap gol itu tidak sah lantaran dalam tayangan ulang, Erling Haaland dianggap melakukan pelanggaran ketika merebut bola dari Fabinho di tengah lapangan.

Aksi Erling Haaland melakukan pelanggaran terhadapi Fabinho saat Manchester City kalah lawan Liverpool 0-1. (Twitter)

Pep Guardiola pun terlihat murka di pinggir lapangan, dan pasca laga, pelatih asal Spanyol itu menyoroti keputusan wasit yang dirinya anggap tidak adil.

Baca Juga:
Hasil Liga Inggris Semalam: Chelsea dan Arsenal Menang, Liverpool Buat Manchester City Telan Kekalahan Perdana

"Wasit datang ke pelatih dan berkata play on, play on. Ada sejuta pelanggaran. Tapi setelah kami mencetak gol, dia memutuskan untuk menghentikan laga. Inilah Anfield," kata Pep Guardiola dikutip dari BBC Sport, Senin (17/10/2022).

Menurut Pep Guardiola, Manchester City sejatinya memiliki banyak peluang untuk mencetak gol. Terlepas dari keputusan kontroversial wasit, dia menganggap The Citizen memang kurang klinis di depan gawang dan menerima kekalahan ini.

“Kami memiliki [cukup] peluang. Kami memiliki beberapa peluang fantastis," kata Pep Guardiola.

Baca Juga:
Elkan Baggott Dapat Pujian dari Gillingham FC Usai Cetak Gol dan Selamatkan Kekalahan Tim: Kami Menyukai Aksimu

“Semua permainan kami berani, kami memainkan permainan yang seharusnya kami mainkan dan saya tidak memiliki keluhan atau penyesalan atas bagaimana kami melakukannya," jelas Pep.

Ini merupakan kekalahan perdana yang diderita Manchester City di Liga Inggris musim ini. Meski gagal meraup poin, The Citizens untuk sementara masih menduduki peringkat dua klasemen dengan koleksi 23 poin, tertinggal empat angka dari Arsenal di posisi puncak.

Load More