Arif Budi Setyanto
Trofi Piala Asia (AFC) dalam pertandingan sepak bola final Piala Asia 2019 antara Jepang vs Qatar di Stadion Zayed Sports City di Abu Dhabi pada 1 Februari 2019. (Karim Sahib / AFP)

Bolatimes.com - Indonesia besar kemungkinan tidak akan menjadi tuan rumah Piala Asia 2023 usai pernyataan yang dikeluarkan Sekjen AFC, Datuk Windsor Paul John. Kabar ini pun disambut girang oleh media Vietnam.

Sebagaimana diketahui, Indonesia bersama Korea Selatan dan Qatar bersaing untuk menjadi tuan rumah Piala Asia 2023 menggantikan China yang mundur. AFC sudah menginspeksi tiga negara yang mengajukan diri tersebut.

Pengumuman tuan rumah Piala Asia 2023 sendiri bakal diumumkan pada hari ini, Senin (17/10/2022). Namun, besar kemungkinan Indonesia untuk menang sangat kecil.

Baca Juga:
Liverpool Taklukkan Manchester City, Berikut Klasemen Terbaru Liga Inggris

Sebab, dalam pernyataannya, Datuk Windsor Paul John hanya menyinggung dua negara menjelang pengumuman, yakni Qatar dan Korea Selatan.

"Kami tak bisa buat keputusan lagi. Semua akan diputuskan dalam pengumuman pada Senin. Pada tengah hari kemungkinan kami akan keluarkan pengumuman untuk negara yang dipilih sebagai tuan rumah," kata Datuk Windsor Paul John, dilansir dari Arena Metro.

"Kalau Korea Selatan terpilih, mereka akan gelar pada Juli 2023 kerana cuaca pada ketika itu sesuai untuk pertandingan di mana tidak terlalu sejuk atau panas," ujar Datuk Windsor Paul John lagi.

Baca Juga:
Hasil Liga Spanyol Semalam: Hajar Barcelona di El Clasico, Real Madrid Kokoh di Puncak Klasemen

Pemain Timnas Indonesia, Yakob Sayuri (kiri) coba merebut bola dari gelandang Vietnam Phan Van Duc dalam lanjutan Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia, Senin (7/6/2021) malam. [AFC]

"Tetapi jika Qatar dipilih, Piala Asia akan diadakan pada Januari 2024 sebab waktu itu cuaca tidak panas," imbuhnya.

Datuk Windsor Paul John tidak sama sekali menyinggung Indonesia yang masuk dalam pencalonan. Oleh sebab itu, mungkin saja Indonesia tak terpilih. Apalagi PSSI sekarang tengah disibukkan kasus Tragedi Kanjuruhan yang merenggut 132 nyawa.

Kabar ini disambut gembira oleh media Vietnam. Mereka merasa jika Indonesia gagal jadi tuan rumah maka Golden Star Warriors diuntungkan.

Baca Juga:
Hasil Liga Spanyol Semalam: Napoli Kokoh di Puncak Klasemen usai Hajar Bologna, Inter dan AC Milan Menang

Pasalnya jika Indonesia gagal jadi tuan rumah, maka anak asuh Park Hang-seo tidak akan turun ke pot 4 dalam drawing fase grup Piala Asia 2023.

"Dengan apa yang terjadi, Indonesia tidak punya harapan untuk menjadi tuan rumah Piala Asia 2023. Artinya Vietnam tidak akan turun ke pot 4. Saat ini Vietnam berada di pot 3," tulis laporan Soha.vn disadur pada Senin (17/10/2022).

Adapun timnas Indonesia sendiri memang sudah memastikan satu tiket ke Piala Asia 2023 via runner up terbaik di kualifikasi. Anak asuh Shin Tae-yong tampil apik ketika mengalahkan Uni Emirat Arab dan Nepal, meski kalah tipis dari Yordania.

Baca Juga:
Hasil Liga Inggris Semalam: Chelsea dan Arsenal Menang, Liverpool Buat Manchester City Telan Kekalahan Perdana

Load More